nusabali

Aparat Polresta Denpasar Amankan Melasti

  • www.nusabali.com-aparat-polresta-denpasar-amankan-melasti

DENPASAR, NusaBali
Aparat Polresta Denpasar bersama jajaran Polsek melakukan pengamanan upacara Melasti umat Hindu serangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945 pada Redite Wage Uye, Minggu (19/3).

Pengamanan ini tidak hanya mengantisipasi kriminalitas, tetapi juga kelancaran lalu lintas yang dilalui krama menuju pantai.  Jajaran Satuan Lalu Lintas Polresta Denpasar bekerja sama dengan pecalang dan instansi terkait lainnya tersebar di beberapa titik rawan kemacetan. Bahkan ada pula masyarakat yang naik mobil dikawal langsung oleh polisi. Tujuannya untuk menghindari kemacetan yang berdampak terhadap kegiatan masyarakat umum lainnya.

Pengamanan juga dilakukan oleh jajaran Polsek. Pengamanan difokuskan pada tempat-tempat yang jadi lokasi upacara Melasti. Di Denpasar Timur, krama melaksanakan Melasti di Pantai Padanggalak. Minggu pagi pukul 08.00 Wita, Kapolsek Denpasar Timur Kompol I Nengah Sudiarta dan anggotanya sudah siaga di Pantai Padanggalak.

“Sebelum masyarakat tiba di Pantai Padanggalak kami sudah menggelar apel pengamanan. Apel ini dilaksanakan dalam rangka mengecek kekuatan personel yang terlibat dalam pengamanan Melasti, sehingga setiap simpang dan penggal jalan bisa diatensi oleh personel kepolisian. Dalam pengamanan ini kami dibantu pecalang yang tergabung dalam Sipandu Beradat,” kata Kompol Sudiarta.

Sementara di Polsek Denpasar Barat melakukan pengamanan arakan 12 buah Jempana yang diiringi umat dengan berjalan kaki oleh krama Desa Adat Padangsambian, Denpasar Barat. Jalur yang dilalui, mulai dari titik kumpul di Bale Agung Jalan Gunung Tangkuban Perahu – Jalan Gunung Sanghyang menuju Jalan Kerobokan sampai ke Pantai Petitenget Kuta, Badung.

“Personel kami sudah diarahkan di beberapa jalur yang akan dilalui, berkolaborasi dengan pecalang desa adat melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalin. Harapannya seluruh rangkaian upacara Melasti berjalan tertib, lancar, dan aman,” ucap Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Gusti Agung Made Ari Herawan.

Pengamanan serupa juga dilakukan oleh Polsek Kuta. Ribuan warga berdatangan ke Pantai Kuta dan pantai lainnya yang masuk dalam wilayah hukum Polsek Kuta. Pagi-pagi buta aparat Polsek Kuta susah siaga di pantai dan titik rawan kemacetan. Untuk memaksimalkan pengamanan, Polsek Kuta bekerja sama dengan pecalang dan instansi terkait lainnya.

“Personel gabungan sudah di-setting sejak awal, guna membantu kelancaran upacara Melasti yang merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945. Pengunjung Pantai Kuta dan lainnya adalah warga Kuta dan warga yang datang dari luar,” kata Kapolsek Kuta Kompol Yogie Pramagita. *pol

Komentar