nusabali

El Clasico Jilid 4, Penentuan Gelar LaLiga

  • www.nusabali.com-el-clasico-jilid-4-penentuan-gelar-laliga

Dalam tiga pertemuan sebelumnya, Barcelona menang dua kali, sementara Madrid menang satu kali. Bagaimana dengan duel jilid 4 kali ini?

BARCELONA, NusaBali

Dua musuh bebuyutan Barcelona dan Real Madrid bakal adu kedigdayaan dalam lanjutan pecan ke-26 Liga Spanyol (LaLiga) di Spotify Camp Nou, Senin (20/3) dini hari Wita.

Pada pekan ke-9 LaLiga, Barcelona kalah 1-3 di markas Madrid. Namun, Barcelona kemudian membalasnya dengan dua kemenangan beruntun di final Supercopa de Espana (3-1) dan leg pertama semifinal Copa del Rey (1-0).

Barcelona mengalahkan Madrid di Arab Saudi dan di Santiago Bernabeu. Kini, Barcelona akan menjadi tuan rumah El Clasico di Camp Nou.

Madrid tengah percaya diri usai menyingkirkan Liverpool di babak 16 besar Liga Champions dan lolos ke perempat final. Itu menjadi salah satu sumber motivasi Madrid dalam lawatannya ke markas Barcelona. Pasukan Carlo Ancelotti akan mencoba memanfaatkan duel ini untuk memangkas jarak sembilan poin ada di antara mereka.

Namun, Barcelona sangat kuat di kandang. Dalam laga-laga kandangnya di La Liga musim ini, tim asuhan Xavi itu belum sekali pun tersentuh kekalahan. Mereka juga sudah mencetak total 25 gol dan hanya sekali kebobolan.

Legenda Madrid, Ivan Helguera, telah mengingatkan Real Madrid betapa pentingnya El Clasico melawan Barcelona kali ini, karena itu bisa menjadi penentu gelar. "Itu sangat sederhana, La Liga berakhir jika Barcelona menang, " ujar Helguera dikutip dari Marca.

Tim asuhan Carlo Ancelotti terus berjuang untuk konsisten di La Liga sejak pergantian tahun. Setelah mengawali musim ini dengan cemerlang, performa Los Blancos merosot usai Piala Dunia dan kini mereka tertinggal sembilan poin dari Barca yang berada di puncak dan Madrid membutuhkan kemenangan di Camp Nou untuk terus memanaskan perburuan gelar.

Sementara itu dari kubu Barcelona dikabarkan tidak akan diperkuat gelandang Pedri yang mengalami cedera. Awalnya sebenarnya sempat muncul harapan Pedri akan kembali karena dia mengikuti latihan tim. Melihat kondisinya itu, Pedri dipastikan akan absen di El Clasico nanti.

Tidak itu saja. Cedera yang masih dialamnya membuat pemain berusia 20 tahun itu juga tidak akan ikut serta bersama Timnas Spanyol untuk laga kualifikasi Piala Eropa (Euro 2024) melawan Skotlandia akhir bulan ini. Dari kubu Madrid, striker Karim Benzema dan David Alaba pada Jumat (17/3) waktu setempat menjalani latihan terpisah sehingga muncul spekulasi tidak bisa diturunkan akibat cedera. *

Komentar