nusabali

Balawista Gencar Patroli di Pesisir

Antisipasi Kegiatan Melasti Hari ini

  • www.nusabali.com-balawista-gencar-patroli-di-pesisir

GIANYAR, NusaBali
Tim Balawista BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Gianyar gencar melakukan patroli di sepanjang pesisir Pantai Gianyar, Sabtu (18/3).

Patroli pantai dilakukan untuk memantau prosesi kegiatan melasti menjelang Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Presasta mengatakan, kedatangan umat melakukan rangkaian melasti sudah dimulai sejak Rabu (15/3) lalu. Kata dia, hampir seluruh pantai di Gianyar menjadi tempat untuk melasti. “Untuk di Pantai Masceti saja, mulai Rabu sampai Senin (20/3) sore sudah terjadwal 15 desa adat yang melakukan ritual melasti. Belum lagi di pantai yang lain,” jelas Dibya.

Patroli diintensifkan guna mengawasi krama desa adat dalam berkegiatan di pantai. “Tim Balawista juga memberikan penerangan dan informasi kepada para pengunjung, termasuk ada wisatawan mengenai lokasi laut yang aman untuk berenang, lokasi laut yang berarus, lokasi laut yang berbahaya dan tata tertib di pantai serta penempatan rambu-rambu/peringatan-peringatan lainnya di objek wisata pantai dan sekitarnya,” beber Dibya.

Menurut Dibya, Tim Balawista juga siaga memberikan pertolongan jika para pengunjung mendapat kecelakaan di pantai. Balawista yang disiagakan sebanyak 23 orang. Mereka siaga di Pos I Pantai Siyut dan Lebih, Pos 2 Pantai Cucukan dan Masceti, Pos 3 Pantai Saba dan Purnama dan Pos 4 Pantai Rangkan dan Lembeng. “Kami juga melakukan patroli bersama Satpol Air Polres Gianyar,” terang Dibya.

Sementara itu, kegiatan melasti di Pantai Siyut Kecamatan Gianyar diatensi langsung oleh Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa. Polsek bersinergi dengan Pecalang hingga berakhirnya acara nanti. “Saya pimpin langsung pengamanan melasti, juga kita tempatkan personil di sepanjang ruas jalan sampai ke pantai guna atensi kegiatan melasti,” ujar Kapolsek Tomiyasa.*nvi

Komentar