nusabali

Jelang Nyepi, Bupati Tamba Bagikan 128 Ekor Babi ke Desa Adat di Jembrana

  • www.nusabali.com-jelang-nyepi-bupati-tamba-bagikan-128-ekor-babi-ke-desa-adat-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
Jelang Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945, Bupati I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna kembali membagikan bantuan 128 ekor babi kepada 64 desa adat se–Kabupaten Jembrana.

Bantuan babi tersebut diserahkan secara road show di tiap kecamatan, Sabtu (18/3). Pembagian bantuan babi yang dilaksanakan sehari sebelum melasti itu dimulai dari Kecamatan Pekutatan, Mendoyo, Jembrana, Negara, dan berakhir di Melaya. Tiap desa adat diberikan bantuan 2 ekor babi dengan berat mencapai 90 kilogram (kg) per ekor.

Menurut Bupati Tamba, pembagian babi ini merupakan komitmen pemerintah yang telah berjalan mulai tahun lalu, untuk membantu umat Hindu di Jembrana melaksanakan upacara Melasti rangkaian Nyepi. “Ini tentu sebagai komitmen kita. Ini sudah berjalan dua kali, tahun kemarin dan hari ini. Kami harap dimanfaatkan dengan baik untuk upacara Melasti. Setelah melalui rangkaian Melasti yang melelahkan, agar sesampainya di pura ada yang disuguhkan untuk masyarakat,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba menyebutkan, program ini pun akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Tahun 2022 lalu, diserahkan 1 ekor babi kepada desa adat. Sementara tahun ini ditingkatkan menjadi 2 ekor babi per desa adat.

“Seperti yang tiyang (saya) janjikan dulu, sekarang tambah satu ekor lagi. Astungkara tahun depan ditingkatkan lagi. Kami berjanji tahun depan bantuannya dua babi ditambah beras, astungkara,” tandas Bupati Tamba.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tamba berharap umat Hindu dapat menjalani Catur Brata Panyepian dengan sungguh-sungguh. Agar pelaksanaan Catur Brata Panyepian setiap tahunnya terus ada peningkatan. “Kepada seluruh umat Hindu di mana pun, khususnya di Jembrana agar benar-benar melaksanakan Catur Brata Panyepian. Kita hormati tradisi kita. Semakin tahun harus semakin bagus. Hargai betul-betul brata panyepian hanya satu kali 24 jam,” ucap Bupati Tamba.

Di sisi lain, Bendesa Adat Sangkaragung I Ketut Wardana mengatakan, sangat terbantu atas pemberian bantuan dua ekor babi untuk menyambut rangkaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi. Termasuk perhatian pemerintah daerah yang sudah memberikan berbagai bantuan serta kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan adat dan keagamaan.

“Saya selaku bendesa merasa terbantu dan merasa diperhatikan dalam menyambut pelaksanaan Catur Brata Penyepian. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati serta Pemkab Jembrana yang sudah peduli kepada desa adat, baik dalam pelaksanaan Hari Raya Nyepi, serta sudah dibantu dan dimudahkan untuk kegiatan lainnya. Apalagi di hari ini sudah dibantu, bahkan ditambah lagi satu ekor babi dari tahun sebelumnya,” kata Wardana. *ode

Komentar