nusabali

Ratusan Siswa TK Parade Ogoh-Ogoh

  • www.nusabali.com-ratusan-siswa-tk-parade-ogoh-ogoh

AMLAPURA, NusaBali
195 siswa TK Negeri Pembina Karangasem menggelar parade Ogoh-ogoh, dengan start di GOR Gunung Agung dan finish di Makodim Karangasem, Jalan Sudirman, Amlapura, Jumat (17/3), pukul 08.00 Wita.

Parade ini rutin setiap tahun serangkaian Hari Raya Nyepi. Parade tersebut sempat terhenti karena pandemi Covid-19 tahun 2020 - 2022. Enam Ogoh-ogoh buatan 12 guru, bersama orangtua siswa dan siswa TK Negeri Pembina Karangasem, diparedekan. Hadir melepas parade, Bupati Karangasem I Gede Dana.

195 siswa bersama orangtua hadir. Tiap siswa mendapat pengawalan orangtua, dan sebagian siswa menarak Ogoh-ogoh. Tiap Igoh-ogoh diiringi Baleganjur. Parade dipimpin Kepala TK Negeri Pembina Karangasem I Dewa Ayu Anom Pratiwi. “Ogoh-ogoh ini hasil karya guru, bersama orangtua siswa dan siswa, bahan-bahannya sumbangan orangtua siswa,” jelas Anom Pratiwi.

Parade tersebut menarik perhatian masyarakat di sepanjang jalur yang dilalui. Mulai dari GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati – Makodim Karangasem, Jalan Sudirman, sejauh 1 kilometer.

Petugas Polres Karangasem ikut mengawal mengatur arus lalulintas agar warga berhati-hati melintas. Karena banyak anak-anak yang tengah menggelar parade Ogoh-ogoh. Peserta parade mengambil setengah badan jalan. Ogoh-ogoh yang diarak ukuran mini, tinggi sekitar 1,5 meter.

Salah satu guru pengajar Ni Ketut Sukanganti mengatakan, parade itu merupakan bentuk kebersamaan antara guru, orangtua, dan siswa. Sehingga ada rasa memiliki membangun dan memajukan pendidikan. “Di sinilah peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan di bidang pendidikan, dengan melibatkan orangtua siswa,” jelasnya.

Jelas dia, siswa merasakan sejak membuat Ogoh-ogoh hingga mengarak. Kreativitas mereka tersalurkan dan merupakan salah satu penting dalam profile pelajar Pancasila.

Bupati I Gede dana mengapresiasi kegiatan itu. "Ini menarik, karena sejak dini bisa memperkenalkan budaya untuk siswa TK," jelasnya. *k16

Komentar