nusabali

Joyland Festival Hadir di Peninsula, Puluhan UMKM Terlibat

  • www.nusabali.com-joyland-festival-hadir-di-peninsula-puluhan-umkm-terlibat

MANGUPURA, NusaBali
Joyland Festival kembali digelar selama tiga hari di Pulau Peninsula, kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan.

Festival yang berlangsung selama tiga hari (17-19) itu menghadirkan artis nasional maupun internasional. Menariknya, dalam pergelaran tersebut, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berasal dari desa penyangga dilibatkan secara langsung selama kegiatan. Tak tanggung-tanggung ada puluhan UMKM yang akan menjajakan usaha mereka di area festival tersebut.

Co Founder and Director Plain Song Live, Feri Dermawan, menjelaskan dalam perhelatan Joyland Festival kali ini, pihaknya mendukung penuh UMKM untuk membuka stand di dalam area festival. Dari pemetaan di lokasi kegiatan yakni di Pulau Peninsula, kawasan The Nusa Dua memungkinkan untuk membuka 24 stand. Puluhan stand UMKM ini lebih dominan dari Food and Beverage (FB) dan baju.

“Kali ini 24 stand sudah tersedia di area. Jadi, luas lokasi/area memang sangat memungkinkan untuk penempatan lebih banyak stand. Karena kami sendiri juga memiliki 6 panggung yang terdiri dari 3 panggung musik, 1 panggung komedi, 1 panggung film dan 1 panggung loka karya kreatif/workshop,” jelasnya.

Tidak hanya melibatkan UMKM, lanjut Dermawan, selaku penyelenggara juga mengandeng seniman lokal dan juga dari sanggar yang ada di desa penyangga. Menurut dia, ada beberapa sanggar yang diambil dan dilibatkan dalam penampilan artis di atas panggung nantinya. Namun, dia enggan merinci secara pasti lantaran berkaitan dengan tema penampilan sang artis. “Dalam pergelaran selama tiga hari ini melibatkan banyak artis internasional dan nasional. Tentunya banyak juga dari sanggar seni yang turut serta dalam penampilan para artis nanti. Jadi, kita menggaet dari UMKM, pelaku seni dan lainnya dalam event ini,” bebernya.

Dijelaskan Dermawan, bahwa Joyland Festival ini adalah pertunjukan musik dengan tiga panggung yang berbeda, pemutaran film outdoor, stand-

up comedy, lokakarya dan aktivitas keluarga serta pasar komunitas lokal tetap hadir sebagai komponen utama. Tidak hanya menjual pengisi acara yang spektakuler, namun pengalaman menikmati festival yang nyaman juga menjadi prioritas Joyland Festival.

“Joyland Festival kali ini menghadirkan line up artis mancanegara diantaranya Phoenix yang merupakan grup kuartet asal Prancis, M.I.A, Crumb, Black Country, New Road, Tulus, Raisa, Yura Yunita, Kunto Aji, Hindia hingga Dipha Barus. Totalnya nanti ada 50 an artis yang akan tampil selama 3 hari,” bebernya.

Di lokasi yang sama, Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, mengatakan pihaknya selaku pengelola kawasan mendukung penuh atas penyelenggaraan event musik bergengsi Joyland Festival di Pulau Peninsula. Dia mengapresiasi kepercayaan dari pihak penyelenggara untuk menggelar event musik di kawasan yang tentunya sangat memadai untuk menggelar event yang dapat dihadiri oleh ribuan pengunjung. “Pulau Peninsula sebagai lokasi penyelenggaraan event musik ini merupakan kawasan outdoor space seluas 5 hektar dengan lokasi langsung menghadap Samudera Hindia,” ucapnya.

Dia juga tidak memungkiri, kehadiran event musik Joyland Festival di Pulau Peninsula merupakan salah satu dari konsep pariwisata 5A (Attraction, Activity, Accessibility, Accomodation, Amenity). Dengan menggandeng penyelenggara festival musik di kawasan, dapat menghadirkan attraction yang dapat memberikan keseruan baru bagi wisatawan yang berkunjung maupun menginap. Dia optimis event Joyland Festival akan mampu menarik minat pecinta musik untuk datang, di mana penyelenggara telah menyiapkan berbagai pengisi acara dan aktivitas yang menarik bagi masyarakat yang ingin menonton. Bahkan, fasilitas yang dimiliki juga tentunya sangat siap dalam mendukung setiap penyelenggaraan event termasuk festival musik.

“Ke depan kami terus berupaya melakukan kolaborasi dengan pelaku industri musik untuk mengelar event-event musik berskala besar, sebagai salah satu upaya kami menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di The Nusa Dua,” kata Reza. *dar

Komentar