nusabali

AP Logistik Luncurkan Layanan Pengiriman Ekspor Multimoda

  • www.nusabali.com-ap-logistik-luncurkan-layanan-pengiriman-ekspor-multimoda

MANGUPURA, NusaBali
Guna memberikan kemudahan serta efesiensi ekspor, Angkasa Pura (AP) Logistik meluncurkan layanan Multimoda APLog di gedung Wisti Sabha kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Rabu (15/3).

Layanan tersebut diluncurkan demi memudahkan pelaku UMKM untuk bersaing dikancah internasional. General Manager Strategic Business Unit (SBU) Cargo Service Angkasa Pura Logistik, Rudy Fachrudin, mengatakan layanan yang resmi diluncurkan ini merupakan kerja sama APLog, ground handling, dan pihak airlines. Layanan tersebut telah mendapat dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta izin Badan Usaha Angkutan Multimoda (BUAM) dari Kementerian Perhubungan, dan AP I. Menurut dia, layanan Multimoda adalah pengiriman barang melalui dua moda transportasi atau lebih dalam satu dokumen. “Multimoda sebagai alternatif pengiriman barang, khususnya ekspor melalui udara, agar dapat lebih efisien dalam pengiriman logistik,” jelas Rudy di sela-sela kegiatan peluncuran layanan Multimoda kemarin.

Dalam peluncuran layanan tersebut, diperlihatkan pengiriman barang pertama menggunakan layanan Multimoda, dari Jawa Timur ke Bali, dengan alat angkut darat dilanjutkan dengan pesawat untuk tujuan ekspor. Meski dengan layanan Multimoda, APLog menjamin keamanan barang dengan adanya 2 segel, GPS, dan CCTV yang bisa dipantau/dilacak secara real-time,  sehingga barang dapat terkirim dengan aman dan tepat waktu. “Kegiatan ini tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, yaitu pemerintah melalui Bea Cukai dan Kementerian Perhubungan serta AP I,” tegasnya.

Keterlibatan instansi lain seperti Bea Cukai dalam layanan Multimoda ini sangat mendukung penuh, termasuk mendorong dalam peningkatan ekspor, sehingga Bea Cukai melakukan pengawasan secara penuh dan maksimal. Pun AP I sebagai induk perusahaan sepenuhnya mendukung dengan menyediakan fasilitas di bandara untuk kepentingan Multimoda agar barang sampai dengan aman di negara tujuan serta memberikan akses untuk alat angkut darat di bandara. “Melalui layanan yang diluncurkan ini, diharapkan dapat meningkatkan ekspor melalui Bali dan Jawa Timur. Adanya layanan ini juga sangat mendukung usaha UMKM yang ingin mengembangkan usahanya pada pasar ekspor,” imbuhnya lagi.

Dia menambahkan, APLog berkomitmen selalu memberikan pelayanan terbaik di bidang logistik. “Tentunya kita juga terus berinovasi dan kolaboratif mencetak peluang bersama dengan stakeholder untuk terus saling berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia,” kata Rudy. *dar

Komentar