nusabali

Kamar Warga Binaan Lapas Singaraja Digeledah

  • www.nusabali.com-kamar-warga-binaan-lapas-singaraja-digeledah

SINGARAJA, NusaBali
Pihak Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja menggelar sidak dan penggeledahan kamar hunian para warga binaan (WB) atau narapidana, Jumat  (17/3) pagi.

Hasilnya ditemukan beberapa barang terlarang. Di antaranya ada kartu domino, pisau cutter, gunting, hingga charger ponsel. Sidak dipimpin langsung Kepala Lapas (Kalapas) Singaraja I Wayan Putu Sutresna didampingi oleh Kasi Admin Kamtib I Ketut Arcana, Kasi Binapigiatja Wayan Riasa, serta petugas Lapas Singaraja.

Sebelum memulai penggeledahan ke kamar tahanan, satu per satu para warga binaan diminta keluar dan dilakukan penggeledahan badan. Setiap sudut areal blok hunian warga binaan, juga dicek untuk mencari kemungkian adanya barang-barang terlarang yang tersembunyi.

Kalapas Sutresna mengatakan, penggeledahan ke blok hunian warga binaan bertujuan meminimalisir barang terlarang yang seharusnya tidak masuk ke dalam blok hunian. Kegiatan penggeledahan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan petugas Laapas untuk deteksi dini dan antisipasi terjadinya gangguan ketertiban.

"Melalui kegiatan deteksi dini dengan melakukan penggeledahan. Diupayakan supaya sering digelar penggeledahan ke kamar hunian warga binaan untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban," ujarnya.

Dari hasil penggeledahan tersebut, pihaknya memastikan tidak ada temuan handphone ataupun narkoba. Hanya saja masih ada beberapa terlarang yang ditemukan berada di kamar ataupun seputaran areal blok hunian warga binaan. Yang ditemukan kartu domino, pisau cutter, gunting, paku, kabel charger dan kabel USB, hingga gelas kaca.

Adapun barang-barang terlarang yang ditemukan tersebut langsung disita oleh petugas dan akan dimusnahkan dalam kegiatan selanjutnya. Meski termasuk kesalahan kecil, para warga binaan yang membawa barang terlarang tersebut, bisa diberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. Khususnya ada sanksi pembinaan hingga pernyataan tertulis. *mz

Komentar