nusabali

Kasanga Festival 2023, 12 Ogoh-Ogoh Terbaik Denpasar Siap Diparadekan di Kawasan Catur Muka Lapangan Puputan

  • www.nusabali.com-kasanga-festival-2023-12-ogoh-ogoh-terbaik-denpasar-siap-diparadekan-di-kawasan-catur-muka-lapangan-puputan

DENPASAR, NusaBali.com – Akhirnya ogoh-ogoh terbaik dari empat kecamatan se-Kota Denpasar dipajang di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung atau dikenal dengan nama Lapangan Puputan Badung. ‘The Best’ ogoh-ogoh ini akan menjadi sentral acara Kasanga Festival 2023, 17-18 Maret 2023.

Dari empat kecamatan, masing-masing mengirimkan tiga nominasi terbaik yang telah melewati penilaian di tingkat kecamatan. 

Sebanyak 12 ogoh-ogoh dari 12 banjar inilah yang akan menjadi daya pesona Kasanga Festival 2023 dan akan diparadekan di kawasan Catur Muka Denpasar pada Sabtu (18/3/2023).

“Tahun 2023 ini merupakan sebuah awal baru dalam berinovasi, berkreativitas dan berkecimpung baik dalam seni, tradisi maupu teknologi. Dengan memberikan ruang kepada semua sekaa teruna yang ada di Kota Denpasar,” kata I Gede Dedy Dwiviyana, Sekretaris Pasikian Yowana Denpasar Timur yang juga panitia pelaksana Kasanga Festival 2023, Kamis (16/3/2023).

Tidak hanya ogoh-ogoh besar, akan tetapi dalam Kasanga Festival ini juga ditampilkan lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh yang pesertanya merupakan perwakilan dari masing-masing sekaa teruna yang ada di Kota Denpasar. 

Ogoh-ogoh terbaik di Denpasar ini sejak Kamis (16/3/2023) menjelang tengah malam sudah mulai memasuki Lapangan Puputan untuk menghindari kekroditan dan agar tidak mengganggu lalu lintas.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnyag dimana setiap kecamatan di kota Denpasar mencari 8 besar ogoh-ogoh,  saat ini hanya mencari tiga besar saja mengacu pada peraturan provinsi yang hanya memilih dan menyeleksi tiga besar di setiap kecamatan yang ada di kabupaten dan kota. 

“Semoga tahun berikutnya bisa mencari 5 atau 8 besar lagi untuk di setiap kecamatan yang ada di kota Denpasar khususnya,” kata Dedy.

Pada hari pertama Kasanga Festival, Jumat (17/3/2023), dimeriahkan penampilan Nirkala Bali, Pherona, Avara, Painful By Kisses, Rajawali Ingkar Janji, Joni Agung & Double T dan Bagus Wirata. Sedangkan hari kedua, ada penampilan Lolot, Leeyonk Sinatra, Barong Boys, dan Mr Botax. *m03

Berita ini merupakan hasil liputan Ngurah Arya Dinata, mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di NusaBali.com

Komentar