nusabali

Saat Nyepi, Petugas Siaga Pengaduan dan Layanan Kesehatan

  • www.nusabali.com-saat-nyepi-petugas-siaga-pengaduan-dan-layanan-kesehatan

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli tetap membuka ’Pengaduan 24 Jam Bangli Era Baru’ saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu (22/3).

Petugas disiagakan mulai Pangrupukan hingga Ngembak Geni. Hal tersebut disampaikan Kepala Diskominfosan Bangli I Wayan Dirgayusa, Kamis (16/3). Dijelaskan, pada hari biasa dalam sehari ada tiga shift petugas jaga. Setiap shift dengan tiga petugas. Khusus pada Hari Raya Nyepi akan disiapkan enam petugas. Petugas ini akan standby di kantor selama Hari Raya Nyepi. "Laporan atau pengaduan yang masuk tentu akan diteruskan kepada OPD/instansi membidangi," jelasnya.

Sementara itu, Direktur RSU Bangli dr I Dewa Gede Oka Darsana, mengatakan serangkaian dengan perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1945, RSU Bangli telah merancang daftar pegawai yang melaksanakan tugas pelayanan. Setidaknya, ada 155 orang yang ditugaskan selama perayaan Nyepi. Dari jumlah tersebut terdiri dari tenaga medis dan non medis. Tenaga medis tersebut yakni perawat, dokter, hingga dokter spesialis. Sedangkan non medis, diantaranya administrasi, satpam, dan sopir.

155 pegawai tersebut, kata Oka Darsana, bertugas mulai dari malam Pangrupukan, Selasa, 21 Maret 2023 pukul 19.30 Wita, sampai umanis Nyepi, Kamis 23 Maret 2023 pukul 08.00 wita. Biasanya dalam sehari petugas jaga di rumah sakit dibagi menjadi tiga shift. ‘’Namun, pada perayaan Nyepi hanya mereka yang bertugas jaga selama 36 jam," sebutnya.

Sementara itu, para petugas yang berjaga selama Hari Raya Nyepi sudah dibekali surat tugas. Isi inti surat tersebut, manajemen RSU Bangli memohon dispensasi bagi pegawai yang melaksanakan tugas pelayanan pada saat Nyepi. "Surat tugas ini sudah disampaikan pada Pemkab Bangli melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Bagi para petugas yang berjaga, nanti juga disupport makanan dari RSU Bangli," kata dr Oka Darsana.

Selain RSU Bangli, layanan kesehatan di Puskesmas juga disiagakan pada saat Nyepi. Hanya saja, Puskesmas yang disiagakan khusus pada Puskesmas rawat inap. Kepala Dinas Kesehatan Bangli I Nyoman Arsana mengatakan ada lima Puskesmas rawat inap yang tersebar di tiga kecamatan. Dari lima itu, tiga Puskesmas ada di Kecamatan Kintamani, dan masing-masing satu Puskesmas di Kecamatan Tembuku dan Susut. Pelayanan kesehatan di Kecamatan Bangli, akan dicover oleh tim Public Safety Center (PSC).

"Masing-masing Puskesmas rawat inap menyiagakan empat sampai lima petugas medis. Mereka terdiri dari dokter, bidan, hingga perawat," sambungnya.

Ditambahkan pula, pada hari raya Nyepi pelayanan rujukan tetap berjalan. Hanya saja, saat merujuk pasien, tidak diperkenankan menyalakan sirine ambulans.*esa

Komentar