nusabali

Disperindag Siapkan Pasar Murah

Sambut Hari Raya Nyepi dan Idul Fitri

  • www.nusabali.com-disperindag-siapkan-pasar-murah

BANGLI, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli, kini menyiapkan pasar murah.

Pasar ini akan digelar serangkaian menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu (22/3), dan Idul Fitri 1444 Hijriah, 22 - 23 April 2023.

Pasar murah tersebut untuk membantu masyarakat agar mendapatkan barang dengan harga terjangkau. Terlebih lagi, bekalangan ini harga pelbagai kebutuhan pokok di pasaran makin melambung. Menurut Kepala Disperindag Bangli I Wayan Gunawan, pasar murah akan berlangsung bergantian di setiap kecamatan. Untuk menyambut Hari Raya Nyepi, pasar murah akan dilaksanakan di Kecamatan Tembuku, Jumat (17/3).

Kemudian, lanjut dia, menjelang Hari Raya Idul Fitri, pasar murah akan digelar di Kecamatan Bangli. "Dalam setahun dilaksanakan beberapa kali pasar murah. Lokasi kegiatan juga berpindah-pindah sehingga lapisan masyarakat dapat menikmati pasar murah ini," jelasnya Kamis (16/3).

Lanjutnya, pelaksanaan pasar murah, Disperindag menggandeng distributor maupun pengusaha lokal. Beberapa jenis barang yang disediakan, yakni beras, gula, tepung, minyak goreng, gas LPG, dan kebutuhan lainnya. "Kami sudah bersurat ke perbekel untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait pelaksanaan pasar murah ini," ujarnya.

Pihaknya secara rutin memantau dan mengawasi harga barang di pasaran. Gunawan menambahkan, sejumlah kebutuhan dapur mengalami kenaikan harga. Seperti cabai, naik kisaran Rp. 2000 - Rp 8.000 per kilogram. "Untuk cabai rawit hijau yang tadinya Rp 30.000 per kilogram kini menjadi Rp 38.000 per kilogram," sebutnya. *esa

Komentar