nusabali

Puskesmas I Denpasar Selatan Jadi Kunjungan Delegasi ASEAN

Sebagai Percontohan Implementasi One Health System Rabies Center

  • www.nusabali.com-puskesmas-i-denpasar-selatan-jadi-kunjungan-delegasi-asean

DENPASAR, NusaBali
Puskesmas I Denpasar Selatan dalam penanganan kasus rabies di Kota Denpasar, khususnya Kecamatan Denpasar Selatan, menjadi kunjungan delegasi ASEAN dalam kegiatan Consultative Meeting for ASEAN Leaders Declaration on One Health Initiative, sebagai percontohan implementasi baik dari One Health System, pada Kamis (16/3).

Dimulai dari tanggal 15-17 Maret, kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia ini diikuti oleh 100 orang delegasi dari 10 negara anggota ASEAN, dengan agenda meninjau percontohan implementasi One Health yakni pencegahan penularan penyakit pada hewan ke manusia.

Kepala UPTD Puskesmas I Denpasar Selatan, Dr Ni Komang Wulan Putri Tjatera saat dikonfirmasi menjelaskan, dalam menangani kasus zoonosis yang  hal ini penyakit rabies, pihaknya menjalin kolaborasi bersama Balai Besar Veteriner dan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, yang saling terintegrasi melalui Whatsapp Group.

"Dalam kolaborasi ini, kami kerap memberikan sosialiasi tentang pencegahan dan pertolongan pertama pada gigitan hewan, menjalin kerjasama pihak terkait untuk melakukan vaksinasi atau sterilisasi kepada hewan peliharaan, hingga pada penanganan pasien kasus gigitan hewan," kata Dr Wulan Putri Tjatera. "Adanya kunjungan ini, tentu memberikan motivasi dan semangat kami untuk selalu berbenah dalam mewujudkan One Health System di Kecamatan Denpasar Selatan, namun tak lepas dari peran serta masyarakat yang turut aktif untuk bersama menjaga lingkungan hidup, khususnya hewan peliharaaan agar tetap sehat, dengan melakukan vaksin dan steril, agar terciptanya Kota Denpasar bebas dari rabies," imbuhnya. *

Komentar