nusabali

Targetkan Peringkat Unwar di Tingkat Nasional hingga Dunia Makin Naik

Prof Dr Ir I Gde Suranaya Pandit, MP Dilantik sebagai Rektor Unwar Periode 2023-2027

  • www.nusabali.com-targetkan-peringkat-unwar-di-tingkat-nasional-hingga-dunia-makin-naik

Ditetapkannya Prof Pandit sebagai Rektor Unwar periode 2023-2027 diawali dengan proses penjaringan, pendaftaran para calon dan tahapan seleksi oleh senat Unwar.

DENPASAR, NusaBali

Prof Dr Ir I Gde Suranaya Pandit MP, secara resmi dilantik menjabat Rektor Universitas Warmadewa (Unwar) Periode 2023-2027 menggantikan Prof dr I Dewa Putu Widjana DAPE SpParK di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar Denpasar, Kamis (16/3).

Prof Pandit mengatakan Unwar merupakan institusi besar yang saat ini memiliki 9 UPPS dengan 26 Program Studi serta mahasiswa aktif sebanyak 12.713 mahasiswa, 448 dosen, dan 251 tenaga kependidikan. Prof Pandit mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unwar periode 2019-2023 yang telah meletakkan pondasi Unwar ke arah internasional dan akan melanjutkan perjuangan Unwar yang kompetitif di tingkat ASEAN tahun 2023-2027. Lebih lanjut disampaikannya, saat ini Unwar memiliki visi dan misi yang telah dituangkan dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP), yaitu visi ‘Menjadi Universitas Bermutu yang Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Tahun 2034’.

Berdasarkan hal tersebut, Prof Pandit memiliki visi dan misi mengantarkan Unwar menjadi unggul, berdaya saing di ASEAN, dan mampu mensejahterakan civitas akademika. Untuk menjadi Warmadewa unggul, dengan misi dan program kerja yang akan dilaksanakan. "Untuk mencapai visi tersebut ada beberapa program kerja yang akan saya kerjakan selama menjadi rektor empat tahun ke depan," ujar Prof Pandit ditemui usai pelantikan.

Yang pertama, kata Prof Pandit, adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dengan program SDM unggul yang memenuhi kompetensi sesuai dengan akreditasi 9 kriteria. Kedua, mengimplementasikan kurikulum dengan proses pembelajaran outcome based education (OBE) agar menghasilkan lulusan yang berdaya saing di tingkat ASEAN.

Ketiga, memastikan efektivitas sistem penjaminan mutu internal menuju continuous quality improvement dengan berjalannya siklus PPEPP disertai dengan benchmarking. Keempat, mengembangkan tradisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berwawasan ekowisata yang didiseminasikan dan dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi, internasional, internasional bereputasi (scopus), serta luaran HKI, Paten, TTG, dan Buku ber-ISBN.

Terakhir kelima, membangun karakter lulusan sesuai dengan spirit Sapta Bayu yang dilandasi nilai-nilai Sapta Bayu, antara lain berupa kepemimpinan, integritas, dan antikorupsi. Prof Pandit mengungkapkan, bahwa di tingkat dunia Unwar saat ini berada berada pada ranking 7.465. Kemudian di tingkat Asia pada ranking 2.946, di tingkat ASEAN pada ranking 474, dan di Indonesia/Nasional pada ranking 211.

Sesuai dengan visi dan misinya, Prof Pandit menargetkan Unwar berada pada peringkat 150 di tingkat Nasional (Indonesia), di tingkat ASEAN masuk 400, di tingkat Asia masuk 2.800, serta masuk 7.000 di tingkat dunia dari 31.000 lebih Institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

“Untuk memenuhi peringkat tersebut, maka Universitas Warmadewa harus bekerja keras dengan memanfaatkan dan memacu SDM unggul yang telah dimiliki saat ini serta memenuhi seluruh persyaratan Webometric, sehingga dapat bersaing di tingkat ASEAN,” tandas Prof Pandit.

Sebelum terpilih menjadi rektor, Prof Pandit pernah menjabat sebagai Wakil Dekan di Fakultas Pertanian Unwar, Dekan Fakultas Pertanian, Direktur Program Pascasarjana Unwar, dan Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unwar.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr Anak Agung Gede Oka Wisnumurti MSi, mengungkapkan terpilihnya dan ditetapkannya Prof Pandit sebagai Rektor Unwar periode 2023-2027 diawali dengan proses penjaringan, pendaftaran para calon dan tahapan seleksi oleh senat Unwar.

Ada lima calon mengajukan diri, dan senat memutuskan empat calon yang direkomendasikan untuk diusulkan ke yayasan. Dari mekanisme dan prosedur yang dilakukan ini sangat demokratis, tapi tetap mengacu pada statuta Universitas Warmadewa.

“Mengapa kita memilih Prof Pandit, tentu pertimbangan berdasarkan pendalaman visi misi dan pengalaman selama mengemban tugas di Universitas Warmadewa,” ujar Wisnumurti. Oleh karena itu, Rektor Prof Pandit diharapkan mampu menjadikan Unwar unggul, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034 sesuai dengan visi Unwar.

“Mari kita dukung rektor yang baru, mudah-mudahan mampu menjadi nahkoda kapal besar Universitas Warmadewa menuju pada cita-citanya unggul, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034,” pungkasnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII yang diwakili Koordinator Tim SDM LLDIKTI Wilayah VIII Made Kresnawan mengucapkan selamat atas dilantiknya Rektor Unwar Periode 2023-2027. Ia mengatakan hingga saat ini Universitas Warmadewa telah banyak memiliki capaian dalam masa kepemimpinan terdahulu. Selanjutnya Universitas Warmadewa memiliki tantangan yang tidak ringan dalam persaingan ke depan dalam menyiapkan SDM Unggul.

Untuk itu saatnya Universitas Warmadewa dengan Rektor yang baru dilantik melanjutkan tongkat estafet dalam meningkatkan kekuatan internal dan eksternal untuk menjawab tantangan perubahan, menyusun strategi transformasi untuk masa yang akan datang. "Harapan kita di LLDIKTI Wilayah VIII ini muncul satu perguruan tinggi swasta yang unggul akreditasi institusinya," harap Kresnawan kepada Rektor Unwar Prof Pandit. *cr78

Komentar