nusabali

Parpol Diminta Lebih Aktif Sukseskan Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-parpol-diminta-lebih-aktif-sukseskan-pemilu-2024

DENPASAR,NusaBali
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali meminta peran aktif partai politik peserta Pemilu 2024 untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

“Kesuksesan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 tidak bisa dibebankan hanya kepada KPU dan Bawaslu, namun ini menjadi tanggung jawab kita semua,” ujar Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali I Gusti Ngurah Wiryanata, dalam keterangannya di Denpasar, Rabu (15/3).

Wiryanata menyampaikan hal tersebut saat membuka acara Pendidikan Politik Provinsi Bali dengan tema; Membangun Etika dan Budaya Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menuju Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Acara pendidikan politik yang diikuti oleh perwakilan parpol peserta Pemilu 2024 di Provinsi Bali ini, menghadirkan tiga narasumber yakni Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, para mantan komisioner KPU yang sekaligus akademisi. Mereka mantan Ketua KPU Bali Dr Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa dan mantan Ketua KPU Buleleng Dr I Wayan Rideng.

“Partai politik kami harapkan agar gayung bersambut, seiya-sekata untuk melaksanakan Pemilu 2024 sehingga dapat berjalan lancar. Tanpa ada niatan baik, kesanggupan kita bersama, koordinasi dan kesepakatan kita bersama maka pemilu ini sulit kita laksanakan,” ujar mantan Kabag Humas Biro Humas Pemprov Bali ini.

Melalui kegiatan pendidikan politik tersebut, Wiryanata mengharapkan dapat meningkatkan pemahaman parpol tentang dinamika politik yang berkembang dan sekaligus masyarakat dapat menjadi pemilih yang cerdas, kritis dan bertanggung jawab.

“Kami berencana akan memberikan pendidikan politik yang lebih luas dengan menyasar pemilih pemula. Terlebih berdasarkan data dari KPU bahwa komposisi pemilih mayoritas merupakan generasi milenial,” ujar birokrat asal Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem ini. *nat

Komentar