nusabali

Haaland Cetak Lima Gol, ManCity ke Perempatfinal

  • www.nusabali.com-haaland-cetak-lima-gol-mancity-ke-perempatfinal

MANCHESTER, NusaBali
Lima gol Erling Haaland mewarnai pesta tujuh gol tanpa balas (7-0) Manchester City di gawang RB Leipzig, dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions, di Etihad Stadium, Rabu (15/3) dini hari WITA.

Selain lima gol Haaland,  dua gol City dicetak Ilkay Guendogan dan Kevin de Bruyne. Lima gol itu membuat Haaland menyamai catatan Lionel Messi dan mantan penyerang Inter Milan, Adriano yang memboyong lima gol dalam satu pertandingan di Liga Champions.

Kemenangan itu juga membuat ManCity lolos ke perempatfinal Liga Champions, dengan menyingkirkan RB Leipzig agregat 8-1, usai  imbang 1-1 pada leg pertama. Melihat Haaland mencetak quintrcik atau lima gol, manajer ManCity Pep Guardiola tidak bisa menyembunyikan kekagumannya.

Namun setelah mencetak gol kelima, Guardiola menarik Haaland keluar dan digantikan Julian Alvarez. Guardiola pun mengungkapkan kekagumannya pada performa Haaland dalam laga itu.

"Lima gol dalam 60 menit. Pemain yang luar biasa, sangat bertalenta. Kekuatan, mentalitas, ia adalah penentu sejati. Sangat bagus," ujar Guardiola.

Meski mengagumi kualitas Haaland yang memperlihatkan ketajaman luar biasa dalam laga leg kedua tersebut, Guardiola juga memberikan pujiannya kepada pemain lain dalam skuadnya.

"Performa yang sangat bagus dari menit pertama hingga akhir pertandingan dari semua pemain," ujar Guardiola.Kecemerlangan Erling Haaland dalam leg kedua 16 besar Liga Champions ini membuatnya mencetak banyak rekor. Satu di antaranya adalah sebagai pemain termuda yang mencapai 30 gol di Liga Champions. Dia mencapai torehan 30 gol pada usia 22 tahun 236 hari.

Haaland memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Kylian Mbappe yang berhasil mencetak 30 gol di Liga Champions dalam usia 22 tahun 352 hari.  Kini striker asal Norwegia itu sudah mencetak 33 gol di Liga Champions.

Satu yang membuatnya istimewa adalah Haaland mencetak gol ke-30 dalam jumlah penampilan paling sedikit ketimbang pemain lain dalam sejarah Liga Champions, yaitu hanya dalam 25 laga. Dia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Ruud van Nistelrooy yang butuh 34 laga untuk mencetak 30 gol di Liga Champions. *

Komentar