nusabali

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Bersihkan Sampah di Sungai

  • www.nusabali.com-antisipasi-banjir-dinas-pupr-bersihkan-sampah-di-sungai

DENPASAR, NusaBali
Meski curah hujan tidak terlalu tinggi, Pasukan Biru Prokasih Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar terus bersiaga dengan melakukan pembersihan sungai, jaring sampah, dan saluran air.

Kali ini, pembersihan menyasar kawasan Tukad Badung, Banjar Buagan  Pemecutan Kelod, Denpasar Barat, Rabu (15/3).
Kadis PUPR Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Bagus Airawata, menjelaskan Pasukan Biru Prokasih Dinas PUPR Kota Denpasar rutin membersihkan aliran sungai sebagai upaya antisipasi mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, tersumbat sampah atau benda lainnya di sungai.

“Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya. Hhal ini dilaksanakan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu. Selain itu curah hujan tinggi yang terjadi dikhawatirkan membawa sampah kiriman, sehingga harus segera diatensi," ujar Agung Airawata.

Dikatakannya, selalu ditemukan permasalahan klasik, yakni sampah yang memenuhi sungai dan salter penjaring sampah. Namun secara umum kondisi sungai dan saluran air di Kota Denpasar sudah  baik. Banjir dan genangan terjadi akibat tingginya intensitas hujan dan bertambahnya volume air dengan cepat, namun pascahujan reda akan segera kembali normal.

“Kita ketahui Denpasar merupakan daerah hilir, selain sedimentasi, pasang surut air laut juga mempengaruhi perjalanan air menuju muara,” paparnya. *mis

Komentar