nusabali

145 TK Perbaharui Data Berbasis Dapodik

  • www.nusabali.com-145-tk-perbaharui-data-berbasis-dapodik

AMLAPURA, NusaBali
145 Kepala Satuan Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) se-Karangasem memperbaharui data dapodik (data pokok pendidikan), semester genap.

Kegiatan ini untuk memudahkan menyusun rencana kerja berbasis data, pengambilan keputusan berkualitas hingga mempercepat pencapaian tujuan. Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Wayan Sutrisna memaparkan hal itu saat memberikan arahan di hadapan segenap kasek TK, di Aula Sabha Widya Pratama, Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura, Rabu (15/3). Turut mendampingi,  Kadisdikpora I Wayan Sutrisna, Sekdis I Komang Budiarta, Pejabat Fungsional Rofiqoh, dan Operator Dapodik I Wayan Sukanaya.

Kadisdikpora I Wayan Sutrisna memaparkan pentingnya kualitas data perencanaan. Karena data ini nantinya berpengaruh terhadap pengambilan kualitas keputusan, di samping untuk mempercepat pencapai tujuan. "Semuanya berawal dari data yang valid, akurat, dan berkualitas," jelas Sutrisna.

Sekdis I Komang Budiarta juga mengingatkan, agar setiap satuan pendidikan mencermati rapor pendidikan. Sebab dalam rapor pendidikan termuat capaian pada setiap indikator beserta rekomendasi kegiatan. "Menyusun kegiatan itu hendaknya berdasarkan capaian yang termuat di dalam rapor pendidikan," jelas Komang Budiarta.

Dengan kecermatan tersebut, katanya, sasaran dan tindakan yang terealisasi pada akhirnya bisa tepat sasaran. Dapodik, jelas dia, salah satu sumber data rapor pendidikan sehingga perlu pembaharuan setiap semester. Sebab, selama satu semester ada perubahan, ada guru yang pindah tugas, ada guru baru yang datang, ada guru pensiun, dan sebagainya.

Kasek TK Negeri Pembina Karangasem I Dewa Ayu Anom Pratiwi mengatakan, selama satu semester terakhir, mengalami mutasi satu guru dan kedatangan satu guru sehingga perlu pembaharuan dapodik. "Dari 12 guru dan 197 anak didik yang kami bina, semuanya telah termuat dalam dapodik," jelas Anom Pratiwi.

Jelas dia, fungsi dapodik untuk pemetaan kebutuhan tenaga pengajar di setiap satuan pendidikan. Di samping itu, menentukan jumlah dana bantuan dengan menyesuaikan jumlah peserta didik. Data itu juga berguna untuk kepentingan verifikasi dan validasi keberadaan satuan pendidikan.

Operator Dapodik I Wayan Sukanya mengatakan, fungsi dapodik juga untuk mendata sekolah, keberadaan peserta didik, rombongan belajar, guru, pegawai, dan sarana prasarana. "Dalam dapodik mencatat nomor pokok sekolah nasional, dan nomor induk siswa nasional," jelas Sukanaya.*k16

Komentar