nusabali

4 SMPN Karangasem Diakreditasi

Libatkan Komite dan Orangtua Siswa

  • www.nusabali.com-4-smpn-karangasem-diakreditasi

AMLAPURA, NusaBali
Empat SMP negeri di Karangasem menjalani akreditasi yang dilakukan BAN (Badan Akreditasi Nasional) Provinsi Bali.

Akreditasi di masing-masing sekolah dengan mengundang komite sekolah, orangtua siswa, dan perwakilan siswa. Akreditasi di SMPN 1 Bebandem, Banjar/Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem Karangasem, Rabu (15/3), bertindak sebagai Ketua Tim Akreditasi Endang Nurani. Pihak sekolah menghadirkan, Ketua Komite I Komang Kisid, perwakilan orangtua siswa dan perwakilan siswa. Kasek SMPN 1 Bebandem Dr Ni Wayan Parwati MAg memaparkan, akreditasi sekolah itu menyangkut observasi kelas. Petugas asesor juga mewawancarai siswa, orangtua siswa sebagai sampel. Wawancara juga kepada Ketua Komite SMPN 1 Bebandem dan tokoh masyarakat.

Lanjut, jelasnya, tim akreditasi menyurvei lingkungan, menumerasi dan literasi, demonstrasi ekstra, pameran budaya lokal, dan refleksi keberadaan sekolah. "Secara teknis tidak ada kendala, terakhir terakreditasi tahun 2016 dengan akreditasi A. "Harapan kami, sekolah ini tetap berakreditasi A dengan skor meningkat. Ini artinya secara kualitas meningkat," harap mantan Kasek SMPN 2 Manggis. SMPN 1 Bebandem dengan dukungan 39 guru, 740 siswa, terbagi 24 kelas, 1 laboratorium, 1 perpustakaan dan 13 sanitasi siswa.

Di bagian lain, akreditasi di SMPN 1 Amlapura, di Jalan Ngurah Rai, Amlapura, dengan Ketua Tim I Wayan Pasta, bersama anggota Dewa Dwiyana Putra, hadir pengawas manajerial I Ketut Latri.

Tim mewawancarai Kasek I Nengah Puspa, koordinator tim pengembang Ni Putu Damayanti. Sedangkan siswa yang jadi sampel Ni Kadek Yunita Widiani, I Putu Natha Praja Winaya, I Putu Panca Putra  Danuarta, dan Ni Luh Putu Ayu Ningsih.

Tim juga mewawancarai orangtua siswa Ni Nyoman Rasmiati, sedangkan guru pengajar diobservasi I Gusti Putu Semadi Putra. "Kami tidak mengalami kendala teknis, selama pelaksanaan akreditasi di SMPN 1 Amlapura," jelas I Nengah Puspa, yang mantan Kasek SMPN 3 Amlapura.

Tim di bawah pimpinan I Wayan Pasta berlanjut melakukan akreditasi di SMPN 2 Manggis, juga melakukan hal yang sama, dengan mengobservasi Kasek SMPN 2 Manggis I Nengah Darma, guru, orangtua siswa, siswa dan perwakilan dari komite. Akreditasi berikutnya, di SMPN 1 Kubu, Banjar/Desa Kubu, Kecamatan Kubu. *k16

Komentar