nusabali

Jelang Nyepi, Pasar Murah Diserbu Warga

  • www.nusabali.com-jelang-nyepi-pasar-murah-diserbu-warga

NEGARA, NusaBali
Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana menggelar pasar murah di depan Kantor Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Rabu (15/3).

Kegiatan pasar murah ini pun tampak disambut antusias warga untuk membeli berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah.  Dari pantauan Rabu pagi kemarin, warga tampak berkerumun menyerbu pasar murah ini. Selain berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, dalam pasar murah ini juga menyediakan sejumlah komoditas bumbu dapur yang belakangan harganya tengah meroket di pasaran. Begitu juga ada beberapa produk jajanan UMKM yang dipasarkan di pasar murah ini.

Untuk stok barang dalam pasar murah, ini pun dibatasi. Seperti beras, disediakan beras ukuran 5 kilogram (kg) dan 10 kg dengan stok sebanyak 1,5 ton. Kemudian telur sebanyak 50 krat, minyak goreng sebanyak 348 liter, gula pasir sebanyak 29 kg. Sementara komoditas bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih dan cabai, masing-masing disediakan sebanyak kg.

Pejabat Fungsional Analis Perdagangan pada Dinas Koperindag Jembrana I Putu Gede Mahaputra mengatakan, kegiatan pasar murah ini digelar untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok jelang Hari Raya Nyepi. Di samping itu, pasar murah ini juga bertujuan menekan inflasi.

"Ada berbagai kebutuhan pokok yang kita sediakan. Namun barangnya tetap dibatasi. Begitu juga jumlah barang yang dibeli (dibatasi), agar tidak berebut dan lebih merata," ujar Mahaputra.

Menurut Mahaputra, kegiatan pasar murah jelang Nyepi, ini akan digelar selama 3 hari. Setelah kegiatan pasar murah di depan Kantor Desa Baluk, Rabu kemarin, akan dilanjutkan pasar murah di area parkir Pasar Ijo Gading Jembrana pada Jumat (17/3), dan di area parkir Pemkab Jembrana pada Senin (20/3) mendatang.

Dalam mengadakan pasar murah ini, dari pihak Dinas Koperindag Jembrana bekerjasama dengan sejumlah distributor dan juga Perumda Tri Buana Jembrana. Selisih harga dari produk-produk  dalam pasar murah ini memiliki selisih harga yang cukup lumayan dibandingkan harga pasaran. Sepeti dicontohkan harga cabai di pasaran yang saat ini berada antara Rp 75.000-Rp 80.000 per kg. Dalam pasar murah, cabai dijual seharga Rp 60.000-Rp 65.000 per kg. *ode

Komentar