nusabali

Jembrana Diganjar UHC Award 2023 Oleh Mendagri Tito Karnavian

  • www.nusabali.com-jembrana-diganjar-uhc-award-2023-oleh-mendagri-tito-karnavian

NEGARA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Jembrana menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards 2023 atas capaian kepesertaan jaminan kesehatan seluruh masyarakat Gumi Makepung yang telah mencapai 99,8 persen.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba, di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3).

Komitmen Bupati Tamba pada sektor kesehatan jelas tidaklah main-main. Bahkan untuk jaminan kesehatan bagi masyarakat Jembrana dituangkan dalam salah satu dari 13 program unggulannya. Yakni Jaminan Kesehatan Jembrana (JKJ) Plus, pelayanan kesehatan gratis di seluruh dokter praktik swasta, home care, dan emergency medical service.

Terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 324.953 jiwa penduduk Kabupaten Jembrana telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jumlah itu mencapai sebesar 99,8 dari total jumlah penduduk Jembrana. Dari 324,953 jiwa, itu, sebanyak 143.544 jiwa atau sekitar 44 persen jumlah penduduk Jembrana, tercover melalui segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) Daerah yang dibayarkan oleh Pemkab Jembrana.

Sementara sisanya melalui PBI Pusat dan segmen lain yang iurannya dibayarkan oleh pemberi kerja maupun dibayarkan secara mandiri oleh masyarakat. Artinya, hampir semua masyarakat di Kabupaten Jembrana telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan kesehatan.

Bupati Tamba mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian UHC di Kabupaten Jembrana. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Singaraja melalui kantor layanan Kabupaten Jembrana yang telah bekerja keras agar masyarakat bisa terjamin ke dalam program JKN.

Sejalan dengan tercapainya UHC di Jembrana, Bupati Tamba juga berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan agar dapat melayani masyarakat secara maksimal. Ke depannya, dirinya akan terus memastikan seluruh masyarakat Jembrana tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui program JKN-KIS. “Dengan telah tercapainya UHC, maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani,” kata Bupati Tamba. *ode

Komentar