nusabali

3 Ogoh-ogoh Terbaik di Kecamatan Dinilai

  • www.nusabali.com-3-ogoh-ogoh-terbaik-di-kecamatan-dinilai

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng telah mengumumkan 3 Ogoh-ogoh terbaik pada tiap kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Pengumuman tersebut terkait Lomba Ogoh-ogoh serangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. Selanjutnya, masing-masing Ogoh-ogoh tersebut dinilai dalam Lomba Ogoh-ogoh tingkat kabupaten.

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng I Nyoman Wisandika menyampaikan, penilaian Lomba Ogoh-ogoh tingkat kabupaten telah dimulai, Senin (13/3). "Penilaian sudah mulai dilakukan kemarin tanggal 13 sampai 17 Maret. Sekarang masih proses penilaian," ujarnya, Selasa (14/3) siang.
 
Sebelumnya, dari tim juri Lomba Ogoh-ogoh kecamatan di Buleleng telah merampungkan penilaian Ogoh-ogoh di 9 kecamatan se-Buleleng, Senin (6/3) hingga Jumat (10/3). Kemudian diadakan rapat tim juri untuk menentukan 3 Ogoh-ogoh terbaik di tiap kecamatan atau total 27 Ogoh-ogoh se-Buleleng. Masing-masing, 3 Ogoh-ogoh terbaik di tiap 9 kecamatan dinilai kembali tim dewan juri dari kabupaten. Rencananya hasilnya akan diumumkan pada 23 Maret mendatang. "Ada tiga Ogoh-ogoh terbaik di kecamatan dilombakan di tingkat kabupaten. Berarti ada 27 Ogoh-ogoh yang dilombakan untuk mencari juara I, II, dan III," jelasnya.

Nantinya, sekaa teruna (ST) yang Ogoh-ogohnya lolos ke tingkat kabupaten dan berhasil meraih peringkat I, II, dan III akan mendapat hadiah uang tunai. Juara I akan mendapat hadiah uang Rp 50 juta, juara II Rp 35 juta, dan juara III Rp 25 juta. Selain itu, Pemprov Bali juga menyediakan hadiah Rp 5 juta untuk 144 karya ogoh-ogoh terbaik kecamatan se-Bali.*mz

Komentar