nusabali

75 Ekor Anjing di Legian Disuntik Vaksin Rabies

  • www.nusabali.com-75-ekor-anjing-di-legian-disuntik-vaksin-rabies

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai salah satu upaya mencegah rabies di daerah destinasi wisata, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung kembali gencar melakukan vaksinasi anjing.

Salah satunya yang disasar adalah wilayah Legian, Kecamatan Kuta, pada Selasa (14/2). Dalam kegiatan itu, petugas memberikan vaksin rabies kepada 75 ekor anjing. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, mengatakan vaksinasi rabies gencar dilaksanakan sejak awal tahun ini. Vaksinasi menyasar seluruh wilayah di Badung, utamanya di daerah destinasi wisata seperti Kelurahan Legian. Dari data yang dimiliki, kalau di wilayah Legian, populasi anjing sebanyak 496 ekor. Dari total itu, 298 ekor sudah diberikan vaksin rabies sejak awal tahun ini.

“Vaksinasi rabies ini dilakukan di seluruh wilayah Badung sejak awal tahun. Untuk kali ini, kita melakukan penyisiran kembali di Kelurahan Legian, karena masih banyak yang belum diberi vaksin,” kata Wijana.

Dalam penyisiran pada Selasa pagi kemarin, tim berhasil memberikan vaksin rabies kepada 75 ekor anjing yang ada di Legian, sehingga total yang sudah mendapat vaksin rabies menjadi 373 ekor. Nah, sisanya yang belum sebanyak 123 ekor akan dilakukan dalam waktu dekat. Dengan capaian itu, Wijana mengaku vaksinasi rabies untuk di wilayah Legian sudah mencapai 75,2 persen.

“Sisanya ini akan kita koordinasikan ke depannya, karena target kita seluruh wilayah di Badung, termasuk Legian 100 persen semuanya. Semoga dalam waktu dekat kita turun dan lakukan pemberian vaksin lagi,” kata Wijana.

Dengan pemberian vaksinasi rabies, Wijana berharap wilayah Badung bebas dari kasus rabies, utamanya di kawasan destinasi wisata. Apalagi saat ini kunjungan wisatawan sudah mulai meningkat dan diharapkan tidak adalagi muncul kasus gigitan anjing terhadap wisatawan atau juga masyarakat lokal. “Target seluruh Badung bebas rabies, termasuk di tempat-tempat wisata, harap mantan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Badung ini. *dar

Komentar