nusabali

Atasi Bilbao, Barcelona Percaya Diri Tatap El Clasico

  • www.nusabali.com-atasi-bilbao-barcelona-percaya-diri-tatap-el-clasico

SAN MAMES, NusaBali
Setelah meraih hasil manis melawan Athletic Bilbao, Barcelona penuh percaya diri menatap laga El Clasico lawan Real Madrid.

Barcelona saat ini di puncak klasemen LaLiga dengan 65 poin, ungggul sembilan angka dari Madrid (56 poin). Ya, Barca mengalahkan tuan rumah Bilbao 1-0, dalam lanjutan LaLiga di San Mames, Senin (13/3) dinihari WITA. Gol Barcelona diciptakan Raphinha di ujung babak pertama.

Athletic Bilbao sebetulnya sempat mencetak gol penyama di akhir babak kedua, tapi dianulir. Wasit mengambil keputusan itu usai pemeriksaan melalui VAR menyusul terjadinya sebuah pelanggaran lebih dulu. Barca selanjutnya menjalani El Clasico lawan Real Madrid. di Camp Nou, Senin (20/3) dinihari WITA.

"Kami menghabiskan 75 menit di level yang bagus. Tapi ini kemenangan luar biasa, kami mempertahankan (keuggulan) 9 poin. Kini Kami menghadapi El Clasico dengan percaya diri," kata pelatih Barcelona Xavi Hernandez.

Menurut Xavi, tiga poin dari San Mames sangat penting. Namun Xavi ingin tim harus meningkat, terutama dalam permainan ofensif. Dia merasa timnya pantas mendapatkan kemenangan.

Pasalnya, pada babak kedua Barcelona terlihat kesulitan menambah gol. Padahal, sepanjang laga klub asal Catalan itu mendominasi penguasaan bola mencapai 64 persen.

"Hal yang sama terjadi lagi. Kami berada pada level yang bagus selama 75 menit, padahal harus menyerang dengan lebih baik," kata Xavi.

Xavi menyadari kemenangan ini sangat penting buat Barcelona. Namun, pelatih asal Spanyol itu menuntut sesuatu yang lebih dari para pemain. Yakni, harus lebih baik dalam permainan dan baik menyelesaikan peluang.

Xavi berharap, pada laga-laga berikutnya Barcelona bisa lebih maksimal dalam memaksimalkan peluang menjadi gol. Selain itu, lini pertahanan juga menjadi sorotan untuk ditingkatkan.

"Kami harus meningkatkan aspek itu. Yakni lebih tenang dan sabar, kemudian lebih sering bermain di area lawan," ucap Xavi.

Meski memberikan kepercayaan diri penting bagi Barcelona menghadapi El Clasico, Xavi meminta para pemain tetap rendah hati. Apalafi timnya memiliki tekanan karena ingin memenangi liga. *

Komentar