nusabali

Panen Raya Varietas Ciherang di Gianyar Memuaskan

  • www.nusabali.com-panen-raya-varietas-ciherang-di-gianyar-memuaskan

GIANYAR, NusaBali
Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Gianyar, Anak Agung Putri Ari, menghadiri panen raya nasional di Subak Sumandang, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Minggu (12/3).

Panen raya juga dihadiri Kepala BPS Gianyar Nyoman Antara, penyuluh pertanian, dan krama Subak Sumandang. Luas panen 23,14 hektare dengan hasil 71 kwintal gabah per hektare. Jumlah produksi keseluruhan 158 ton. “Hasil panen sesuai harapan dan memuaskan,” kata Putri Ari.

Menurut Putri Ari, dalam satu rumpun terdapat lebih dari 20 batang padi. Jumlah bulir padi rata-rata 180-200 bulir per batang padi. Secara rata-rata dalam satu hektare menghasilkan 60 kwintal gabah dengan jumlah bulir padi 170 bulir. “Hasil panen ini sangat memuaskan, panen raya di Gianyar termasuk berhasil,” jelas Putri Ari. Secara keseluruhan, jumlah luas tanam padi waktu panen bersamaan dengan panen raya di Gianyar seluas 2.660, 9 hektare.

Jumlah luas tanam ini didominasi Kecamatan Sukawati dengan luas 721 hektare. Kecamatan Payangan luas 546 hektare, dan Kecamatan Tegalalang dengan luas 410 hektare. Empat kecamatan lain luas rata-rata 300 hektare. Mengurangi faktor resistensi terhadap hama penyakit, Putri Ari meminta setelah menanam varietas Ciherang petani beralih ke varietas lain seperti varietas Infari 32. “Varietas ini sedang naik daun dan hasilnya juga bagus seperti varietas Ciherang. Pergantian bibit untuk mengantisipasi resistensi terhadap penyakit padi,” jelasnya. Pupuk masih terkendali, artinya saat petani membutuhkan pupuk sudah tersedia. *nvi

Komentar