nusabali

Sulahan - Penglipuran akan Dihubungkan Jembatan Gantung

  • www.nusabali.com-sulahan-penglipuran-akan-dihubungkan-jembatan-gantung

BANGLI, NusaBali
Dinas PUPR Perkim Bangli akan membangun hjembatan gantung di Banjar Cekeng, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli.

Jembatan ini akan menghubungkan Cekeng - Desa Tradisional Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli. Jembatan ini selain untuk meningkatkan kelancaran aktivitas masyarakat, juga mendukung pengembangan pariwisata di wilayah tersebut. Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto mengatakan jembatan gantung yang akan dibangun merupakan sebuah penghargaan dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR. Penghargaan ini atas prestasi  Bangli meraih juara II tingkat nasional dalam pengelolaan jalan.

Jelas Lega, ada beberpa titik lokasi yang diajukan untuk lokasi pembangunan jembatan. Antara lain, di kawasan Penelokan dan lokasi pembanguan sport center. Namun setelah dilakukan kajian oleh tim pusat, maka lokasi yang dipilih yakni Cekeng- Penglipuran. "Ada beberapa pertimbangan dalam penetuan lokasi diantaranya lahan untuk lokasi jembatan sudah tuntas dan ada kelompok masyarakat yang nantinya akan terlibat dalam perawatan aset tersebut," jelasnya, Minggu (12/3).

Pejabat asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini menyebutkan pemilihan lokasi tersebut karena lahan milik desa adat serta masuk kawasan objek wisata. "Petugas dari satuan kerja pusat telah turun ke lokasi pembanguanan jembatan. Dari kajian sementara panjang bentang jembatan sekitar 80-120 meter," sebutnya.

Kata dia, anggaran pembangunan jembatan Rp 6 miliar dengan tender pusat. Pemerintah daerah tinggal terima jembatan sudah jadi. Pembanguan jembatan tersebut. *esa

Komentar