nusabali

Subak Kacangdawa Panen Padi, Subak Pegatepan Panen Cabai

Panen Raya Nusantara di Kabupaten Klungkung

  • www.nusabali.com-subak-kacangdawa-panen-padi-subak-pegatepan-panen-cabai

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung berpartisipasi dalam pelaksanaan Panen Raya Nusantara serentak se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian, Sabtu (11/3).

Panen Raya Nusantara dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua TP PKK Ny Ayu Suwirta dan Kadis Pertanian Ida Bagus Juanida di Subak Kacangdawa dan Subak Pegatepan, Kecamatan Klungkung.

Panen diawali di Subak Kacangdawa seluas 35 hektare dengan panen padi varietas Ciherang dan Inpari 32. Sedangkan di Subak Pegatepan seluas 20 hektare dengan panen cabai. Bupati Suwirta berharap semua pihak berperan dalam pertanian mulai dari petani, para penebas lokal, KUD, koperasi. dan unit-unit usaha di desa. “Kita harus kelola gabah di tempat masing-masing sehingga harga beras tidak mengalami peningkatan. Terpenting masyarakat agar mengkonsumsi beras lokal kita serta produk pertanian lokal lainnya dalam upaya menekan inflasi,” ujar Bupati Suwirta.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama puluhan petani Subak Banjarangkan dan petugas Balai Pusat Pembibitan Banjarangkan menanam bibit padi varietas M70D di lahan milik Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Banjarangkan, Jumat (10/3). Kegiatan ini dalam rangka menggelorakan ilmu pertanian dengan kearifan lokal Bali yakni Dharma Pamaculan kepada para petani. Menurut Wabup Kasta, sebagai orang Bali telah diwariskan ilmu pertanian dari leluhur yang tertulis dalam lontar Dharma Pamaculan. “Dalam Dharma Pamaculan ini tertuang ilmu bertani dengan cara tradisional dengan ritual upacara. Saya ingin mengajak para petani untuk kembali kepada ilmu leluhur kita yang adiluhung,” ujar Wabup Kasta. *wan

Komentar