nusabali

Erick Thohir Berharap Timnas Lolos Fase Grup

Tinjau Venue Piala Dunia U-20, Parkir Stadion Dipta Kurang Luas

  • www.nusabali.com-erick-thohir-berharap-timnas-lolos-fase-grup

GIANYAR, NusaBali
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI), Erick Thohir menemukan kendala luas parkir yang masih perlu ditata kembali jelang kick off Piala Dunia U20 2023 yang akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023 nanti.

Hal itu terungkap saat Erick yang juga Menteri BUMN ini meninjau venue Piala Dunia U20 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (12/3). Sementara itu untuk gelaran Piala Dunia U-20 nanti, Timnas Indonesia diharapkan mampu lolos dari fase grup.

Erick Thohir kemarin didampingi Waketum PSSI yang juga Menpora Zainudin Amali, Waketum PSSI Ratu Tisha, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Bupati Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra, Owner Bali United Pieter Tanuri, Ketum Asprov PSSI Bali I Ketut Suardana, serta Ketum KONI Gianyar Dewa Alit Mudiarta. Dalam kunjungan kemarin Erick Thohir mengecek rumput, sistem penyiraman rumput, sistem drainase, arena tempat duduk, VIP area, media broadcast, akses keluar dan masuk stadion, command center, area medis, dan ruang parkir.

"Persiapan sudah baik dan bagus, tapi masih ada kendala yang kita temukan, yakni parkir saja. Saya harap komitmen pemerintah daerah untuk lebih memperluas lagi areal parkir di depan pintu utama Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar," harap Erick Thohir. Harapannya areal parkir itu bisa dituntaskan secepatnya untuk bisa mensukseskan gelaran Piala Dunia U-20. "Awalnya sudah mau dilihat oleh FIFA kemarin, tapi masih butuh waktu. Semoga saja nanti bisa tuntas secepatnya, karena pada 26-27 Maret sudah ada persiapan maksimal," harap Erick Thohir.

Erick Thohir yang mantan pemilik klub Inter Milan ini juga mengakui sudah ada inisiatif terkait pengaturan jalur lalu lintas nantinya, selanjutnya CCTV juga sudah aman di areal Stadion. "Saya pastikan sudah aman semuanya, dan berharap tidak ada kekecewaan dari masyarakat yang sangat antusias dengan Piala Dunia U-20 sebagai event nomor 2 dari FIFA," harap Erick Thohir.

“Kesiapan Bali saya rasa baik tinggal kita dorong penyelesaian lahan parkir, supaya ketika FIFA hadir paling tidak sudah ada persiapan yang maksimal,” ujarnya. Selain itu, dirinya menyoroti tentang arus lalu lintas ketika pegelaran berlangsung sehingga tidak terjadi kemacetan. “Dari pihak kepolisian, terkait jalur lalulintas sudah ada solusi salah satunya mungkin satu arah untuk mengurangi beban kendaraan yang lalu lalang,” kata Erick Tohir.

Disebutkan, jika sekarang sukses harapannya nanti bisa tembus sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2034 mendatang. Erick Thohir berharap dari 6 Stadion yang diajukan sebagai tempat venue utama, jangan sampai ada satupun yang dicoret sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20. "Kita sudah cek keliling, semoga semuanya diterima dengan baik oleh FIFA, dan bisa berjalan dengan baik semuanya," harap Erick Thohir. Disebutkan untuk pertandingan Piala Dunia U-20 nanti sudah pasti akan menggunakan VAR dan itu dipasang langsung oleh FIFA nantinya. "Usai VAR digunakan, kita bisa beli langsung kan VAR tersebut," tandas Erick Thohir.

Menanggapi target Timnas Indonesia, Erick Thohir berharap agar bisa lolos dari fase grup, sehingga nasib awal ada pada pembagian grup. "Kalau kita semuanya kompak, dan program TC dapat berjalan dengan baik, prestasi itu akan dapat kita raih," tutur Erick Thohir. Kata dia, mengenai Timnas Israel dia mengakui masih melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kementerian luar negeri, sehingga akan ditunggu lebih lanjut kepastiannya untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Erick Thohir menambahkan, terlebih untuk Bali sekarang ini mulai menggarap pariwisata kesehatan, dari awalnya sebagai jantung pariwisata Indonesia yang mengandalkan budaya. Harapan ke depan untuk Bali juga bisa menggarap sport tourism sebagai daya topang ekonomi pariwisata. Sedangkan dukungan dari sisi kelistrikan dan lainnya untuk Piala Dunia U-20 Erick memastikan KTT G20 saja berhasil dengan baik dan lancar, harapannya untuk Piala Dunia juga tetap terang benderang tidak ada masalah. *dek, nvi

Komentar