nusabali

Presiden Akan Resmikan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih

  • www.nusabali.com-presiden-akan-resmikan-fasilitas-kawasan-suci-pura-agung-besakih

Presiden Joko Widodo diagendakan menandatangani prasasti di depan Candi Bentar Margi Agung, dilanjutkan meninjau Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih.

DENPASAR, NusaBali

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem pada Soma Pon Matal, Senin (13/3/2023). Untuk itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengecek persiapan kedatangan Presiden sekaligus menyiapkan penyambutan sejak dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, hingga lokasi acara di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Dalam acara peresmian tersebut, Presiden Joko Widodo diagendakan melakukan penandatanganan prasasti di depan bangunan Candi Bentar Margi Agung, dilanjutkan meninjau langsung Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih. Sedangkan acara Pamelaspasan telah dilaksanakan pada Purnama Kasanga pada Soma Umanis Medangkungan, Senin (6/3/2023).

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra melakukan pengecekan persiapan kedatangan Presiden Joko Widodo di Pura Agung Besakih pada Saniscara Umanis Medangkungan, Sabtu (11/3).

Gubernur Koster juga menyiapkan penyambutan secara meriah kedatangan Presiden Jokowi dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, menuju Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Ribuan masyarakat Karangasem siap menyambut kedatangan Presiden di Besakih, juga masyarakat Klungkung dan Karangasem akan menyambut di sepanjang jalan yang dilintasi oleh rombongan Presiden.

“Astungkara, berkat restu Ida Bhatara Lingsir di Pura Agung Besakih dan restu alam se-Bali, Presiden Republik Indonesia Bapak Ir Joko Widodo berkenan meresmikan langsung Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih,” ujar Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini seraya mengajak seluruh masyarakat Bali untuk mendoakan acara peresmian yang bersejarah bagi Peradaban Tatanan Kawasan Suci Pura Agung Besakih Dalam Bali Era Baru, ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Terwujudnya Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih merupakan program prioritas Gubernur Bali Wayan Koster yang dilaksanakan dengan fokus, tulus, dan lurus sebagai implementasi visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Total anggaran pembangunan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih sampai tahun 2023 ini adalah Rp 911 miliar, yang bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp 428 miliar dan dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali sebesar Rp 483 miliar. Bangunan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih menjawab salah satu Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru. *

Komentar