nusabali

Saat Hamil Muncul Stretch Mark, Begini Cara Mengatasinya Menurut Ahli Kesehatan

  • www.nusabali.com-saat-hamil-muncul-stretch-mark-begini-cara-mengatasinya-menurut-ahli-kesehatan

Inilah cara mengatasi stretch mark yang mucul saat hamil menurut ahli kesehatan.

DENPASAR, NusaBali.com -   Saat masa hamil, umumnya wanita akan mengalami kemunculan stretch mark di area tertentu.

Stretch mark adalah gasi-garis yang muncul di permukaan kulit saat masa hamil akibat peregangan kulit, seperti perut, lengan dan paha.

Menurut ahli kesehatan Medical Director Maharis Clinic, dr Kevin A Maharis, MD Dip (Derm) MHA mengatakan bahwa ada sejumlah cara mengatasi kemunculan stretch mark pada masa hamil.

Sebagaimana dikutip dari laman Healthline pada Sabtu (10/03/2023) tentang cara mengatasi stretch mark yang mucul saat hamil.

Salah satu cara umum, yaitu dengan mengoleskan minyak atau AHA yang memiliki kandungan dimoisturize pake moisturizer ke bagian permukaan kulit yang muncul stretch mark.

AHA (alpha hydroxy acids) yaitu kelompok asam alami yang dapat ditemukan pada makanan, seperti asam glikolat dari tebu, asam sitrat dari jeruk, asam tartarat dari anggur, dan asam malat dari apel.

AHA dapat menstimulasi kolagen agar dapat mengejar keregangan kulit hingga mencegah terjadinya stretch mark, terutama bagi yang senang berolahraga.
 
Cara Mengatasi Stretch Mark yang Muncul saat Hamil

Dr Kevin menjelaskan cara mengatasi stretch mark saat hamil yang aman yaitu dengan menjalankan treatment atau perawatan khusus di klinik, seperti dengan IPL atau laser vascular.

Jadi, agar stretch mark belum mengalami perkembangan parah, seperti baru muncu merah itu sangat penting mendapatkan elombang laser, karena jika sudah berwarna matang akan lebih sulit menghilangkannya.

Selain itu, cara mencegah pembentukan stretch mark ini dengan memperhatikan asupan cairan yang cukup pada tubuh.

Mengonsumsi air yang cukup dapat menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik, serta mencegah terjadinya kulit kering yang memicu pembentukan stretch mark.

Itulah cara mengatasi stretch mark yang mucul saat hamil menurut ahli kesehatan. *feb


Komentar