nusabali

Pilih Destinasi Terbaik Lewat Voting

  • www.nusabali.com-pilih-destinasi-terbaik-lewat-voting

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak masyarakat untuk melakukan voting secara online melalui website www.anugerah pesona indonesia.com untuk menentukan destinasi terbaik di Indonesia.

JAKARTA, NusaBali
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuti, Senin (5/6), mengatakan pilihan publik melalui online itu akan diapresiasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017.

"Tahun ini ada 15 kategori dan ada fasilitas akses untuk memudahkan masyarakat melakukan vote, memberikan kesempatan luas kepada seluruh Pemda untuk menyampaikan usulan nominasi yang akan disertakan dalam ajang tersebut," kata Deputi Esthy.

Menurut Esthy, penyempurnaan ajang API II itu sangat penting untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata nusantara. Selain juga mendorong Pemda agar semakin rajin dan agresif mempromosikan destinasinya.

"Tahun ini ada reward istimewa untuk destinasi yang berhasil membangun, mempromosikan, memajukan pariwisata di daerahnya. Silakan voter via website ayojalanjalan.com. Siapapun boleh memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terbaik ataupun terpopuler menurut pendapat masing-masing individu. Tua-muda, laki-laki atau perempuan, wisman-wisnus, semua boleh berpartisipasi," kata Esthy Reko Astuti.

Seluruh kategori yang disajikan adalah hasil seleksi ketat dari data wisata, kuliner, atraksi wisata, maupun festival budaya yang selama ini sangat populer di Indonesia. Khusus edisi 2017, kategori baru yang ditambahkan adalah Kampung Adat Terpopuler (Most Popular Traditional Village), Minuman Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Drink), Objek Wisata Belanja Terpopuler (Most Popular Shopping Spot), Objek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot), dan Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Most Popular Tourism Digital Promotion).

"Setiap satu email hanya berlaku satu voting. Jadi kalau sudah memasukkan email, lantas kembali memasukkan email untuk voting selanjutnya, jelas akan ditolak secara otomatis oleh aplikasi itu," katanya.

Menurut panitia penyelenggara, kegiatan API 2017 dimulai dengan pemungutan suara (voting) yang berlangsung dari Juni 2017 hingga Oktober 2017. Lalu pemberian penghargaan pada Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017, pada November 2017. Selanjutnya dilakukan evaluasi dalam Post Event dan Persiapan API 2018 pada November 2017 - Januari 2018.

Sementara itu Menpar Arief Yahya menghargai peran swasta yang membuat award untuk destinasi wisata terbaik versi publik, melalui media online.

"Silakan saja. Semakin banyak melibatkan publik dalam membuat penilaian destinasi, maka akan memacu destinasi untuk menjaga dan membangun reputasinya menjadi yang terbaik," kata Arief Yahya. *ant

Komentar