nusabali

Bupati Giri Prasta Jalani Coklit Pemilu 2024

Ajak Warga Beri Data Akurat kepada Pantarlih

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-jalani-coklit-pemilu-2024

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Nyonya Seniasih Giri Prasta menjalani proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Kamis (9/3).

Bupati Giri Prasta mengajak masyarakat di Gumi Keris untuk ikut menyukseskan tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan memberikan data yang akurat kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Kegiatan coklit dilaksanakan oleh Pantarlih dari Desa Pelaga, Kecamatan Petang, didampingi oleh Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU Badung I Gusti Ketut Yusa Arsana Putra, disaksikan pula oleh Kepala Dinas Dukcapil AA Ngurah Arimbawa, serta Sekretaris Kesbangpol Badung.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta mengapresiasi jajaran KPU Badung bersama stakeholder terkait yang telah bekerja maksimal dalam menghasilkan data pemilih yang akurat untuk Pemilu 2024. Menurut Giri Prasta, pesta demokrasi tahun 2024 merupakan momentum untuk memilih Presiden dan Legislatif mulai tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD. Kemudian beberapa bulan setelah itu dilakukan pemilihan Kepala Daerah. “Saya baru saja melakukan tahapan Coklit atau pencocokan data di Kartu Keluarga dengan data di Formulir A untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Saya terdaftar sebagai pemilih di TPS 1 Desa Pelaga,” ujarnya.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini pun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Badung untuk turut serta menyukseskan semua tahapan Pemilu 2024 dimulai dari tahapan coklit, dengan cara menerima dan memberikan data yang akurat kepada Pantarlih. Dengan begitu masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

“Saya mengajak masyarakat Kabupaten Badung untuk turut serta menyukseskan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan lancar, damai, aman, jujur adil sesuai dengan harapan semua pihak,” ajak Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Badung Gusti Ketut Yusa Arsana, mengatakan tahapan Pemilu 2024, yakni proses coklit ini dilaksanakan sejak 12 Februari 2023 hingga 14 Maret 2023. Dalam rentang waktu tersebut, Pantarlih akan mengunjungi warga secara door to door sesuai dengan wilayah tugasnya. Dalam pelaksanaan coklit, Pantarlih akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, apakah data dalam KK sesuai dengan Formulir A.

“Setelah melaksanakan coklit, nantinya pemilih akan diberikan surat undangan memilih di TPS yang sudah ditentukan. Untuk itu kami mengimbau kepada semeton warga Badung agar berpartisipasi aktif menyukseskan pelaksanaan coklit dengan menerima dan memberikan data yang akurat kepada Pantarlih yang bertugas ke rumah-rumah,” harapnya. *ind

Komentar