nusabali

PSSI Disuntik FIFA Rp 86,5 Miliar

  • www.nusabali.com-pssi-disuntik-fifa-rp-865-miliar

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, pihaknya mendapatkan dana 5,6 juta dolar AS (sekitar Rp 86,5 miliar) dari FIFA untuk pengembangan sepak bola nasional, termasuk membantu pembangunan tempat pelatihan (training camp).

"FIFA mempunyai program 'Forward 3.0'. Program itu mengharapkan kompetisi di negara termasuk pembinaan harus berjalan. Melalui program tersebut kita juga mendapatkan berkah membangun 'training camp' yang dibantu oleh FIFA senilai 5,6 juta dolar AS," ujar Erick Thohir, usai peluncuran produk resmi Piala Dunia U-20 2023, di Jakarta, Rabu (8/3).

FIFA Forward 3.0 adalah kebijakan yang baru FIFA pada Januari 2023. Tujuan program tersebut menyediakan pendanaan yang komprehensif untuk pengembangan sepak bola di dunia.

Melalui FIFA Forward 3.0, FIFA ingin agar seluruh asosiasi anggotanya, yang bernaung di lima konfederasi, mampu meningkatkan kualitas persepakbolaan mereka sehingga mampu bersaing dengan negara-negara lain.

FIFA menyebut, FIFA Forward 3.0 diterapkan sampai akhir 2026. Terkait itu, FIFA memberikan tiga insentif untuk masing-masing asosiasi anggotanya yakni, pertama, dana senilai lima juta dolar AS (sekitar Rp 77 miliar) untuk menutupi operasional yang berhubungan dengan sepak bola.

Kedua, uang tambahan sebesar tiga juta dolar AS (sekitar Rp 46 miliar) untuk menjalankan proyek spesifik yang direncanakan dengan baik dengan tujuan pengembangan sepak bola jangka panjang.

Terakhir, untuk asosiasi anggota yang dinilai sangat membutuhkan, FIFA menyalurkan lagi dana 1,2 juta dolar AS (sekitar Rp18,5 miliar) untuk menutupi biaya perjalanan dan akomodasi tim nasional mereka serta pembelian perlengkapan sepak bola.

Menurut Erick Thohir, di PSSI, dana dari FIFA Forward 3.0 akan disalurkan ke Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk membantu program pembinaan dan kompetisi di wilayah mereka.

Demi menyelaraskan visi dan mengetahui kebutuhan Asprov PSSI, juga klub-klub Liga 3 Indonesia, Erick Thohir mengatakan pihaknya akan mengadakan sarasehan seperti Sarasehan Sepak Bola yang diikuti tim-tim Liga 1 dan Liga 2 pada Sabtu (4/3) di Surabaya. *ant

Komentar