nusabali

Jokowi Segera Lantik Djarot Jadi Gubernur DKI

  • www.nusabali.com-jokowi-segera-lantik-djarot-jadi-gubernur-dki

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pelantikan Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur DKI Jakarta segera dilakukan. 

JAKARTA, NusaBali
Namun Jokowi mengaku belum menerima surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo."Secepatnya kita ingin semua yang sudah rampung dilantik secepatnya. Pelantikan Gubernur DKI Jakarta ya secepatnya," kata Jokowi usai menghadiri buka puasa bersama di kediaman Ketua DPR Setya Novanto, Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Senin (5/6). Meski demikian, Jokowi mengaku belum menerima surat dari Tjahjo. Padahal, Tjahjo sebelumnya mengaku telah menyerahkan surat itu ke Jokowi.

"Belum sampai ke saya," kata Jokowi. Sebelumnya DPRD DKI Jakarta juga telah membahas pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan gubernur. Ahok mengundurkan diri setelah ditahan atas kasus penodaan agama.

Setelah dilantik nantinya, Djarot memiliki masa jabatan hanya 5 bulan. Djarot nantinya tidak akan didampingi oleh seorang wakil gubernur.

Nanti kemungkinan pelantikan Djarot dilakukan di Istana oleh Presiden Joko Widodo. "Mungkin di sini (Istana), kecuali ada pertimbangan lain yang menugaskan siapa untuk di paripurna (DPRD)," kata Tjahjo. Surat terkait dengan pengangkatan Djarot menjadi gubernur saat ini sudah ada di Mensesneg Pratikno. Proses selanjutnya adalah menunggu keputusan presiden diteken oleh Jokowi. Jika keppres tersebut diteken hari ini, paling cepat besok (6/6) Djarot dilantik. Dengan demikian, Djarot bisa langsung bertugas hingga Oktober 2017. *

Komentar