nusabali

Badung Godok SE Pelaksanaan Nyepi

  • www.nusabali.com-badung-godok-se-pelaksanaan-nyepi

Perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini bertepatan dengan hari pertama Ramadhan atau bulan puasa bagi umat Muslim.

MANGUPURA, NusaBali

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung tengah menggodok surat edaran (SE) seruan pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945. Terlebih perayaan Nyepi tahun ini bertepatan dengan hari pertama Bulan Suci Ramadhan.

Dalam upaya menyamakan persepsi FKUB bersama Forkompinda dan Kementerian Agama Badung melaksanakan rapat berkaitan pelaksanaan Hari Raya Nyepi di Kabupaten Badung di Ruang Nayaka Gosana III, Puspem Badung, Rabu (8/3). Rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait SE seruan Nyepi.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua FKUP Badung yang juga Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa. Rapat juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Badung I Komang Giriasa, Sekretaris FKUB Badung I Wayan Sukarya, Forkompinda Badung beserta anggota FKUB.

Adi Arnawa mengatakan, rapat ini guna menyamakan persepsi sekaligus menyiapkan format dari surat edaran yang akan dikeluarkan terkait pelaksanaan Nyepi. “Ini menjadi rujukan seluruh masyarakat dalam rangka pelaksanaan Nyepi di Badung,” ujar Adi Arnawa.

Ditambahkan oleh Sekretaris FKUB Badung I Wayan Sukarya, perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini bertepatan dengan hari pertama Ramadhan atau bulan puasa bagi umat Muslim. Mengenai hal tersebut, FKUB Badung mengambil inisiatif bersama Kementerian Agama dan Forkompinda Badung untuk membuat seruan terkait Hari Raya Nyepi. “Karena surat edaran dari FKUB Provinsi belum keluar, kita FKUB Badung mengambil inisiatif bersama Kementerian Agama dan Forkompinda Badung untuk membuat seruan Hari Raya Nyepi,” katanya.

Pihaknya menekankan Hari Raya Nyepi bukan semata-mata perayaan untuk umat Hindu. Akan tetapi Nyepi lebih pada konsep ekologi, yakni mengharmoniskan alam Bali dengan menghentikan aktivitas selama satu hari. “Logika sederhananya siapapun yang ada di wilayah di Bali ini diharapkan untuk ikut serta menjaga alam Bali lewat pelaksanaan Hari Raya Nyepi sesuai dengan Catur Brata Penyepian,” ujarnya. *ind

Komentar