nusabali

Polres Sosialisasi Rekrutmen Polisi ke SMA/SMK

  • www.nusabali.com-polres-sosialisasi-rekrutmen-polisi-ke-smasmk

AMLAPURA, NusaBali
Polres Karangasem menggelar safari ke SMA dan SMK se-Karangasem untuk menyosialisasikan rekrutmen calon anggota Polri tahun 2023.

Kegiatan ini menyasar siswa kelas XII khususnya pelajar yang berminat. Syarat ikut rekrutmen yakni, memiliki kecerdasan dan mampu mengikuti seluruh tahapan tes dengan skor tinggi. Kabag Sumber Daya Manusia Polres Karangasem Kompol I Nyoman Merta Kariana memaparkan hal itu di SMKN 1 Amlapura, Jalan Veteran, Amlapura, Selasa (7/3).

Merta Kariana memaparkan, tahun anggaran 2023, merekrut calon anggota Polri di tiga tingkatan, yakni tamtama, bintara, dan taruna Akpol (akademi kepolisian). Khusus untuk Akpol, nilai di ijazah minimal rata-arta 70, tinggi badan untuk pria minimal 165 cm, untuk wanita 163 cm. Syarat lainnya, belum pernah menikah, tidak bertato, dan bebas narkoba. Batas umur minimal saat melamar 17 tahun dan 7 bulan, sehingga di saat mengikuti pendidikan, umurnya minimal 22 tahun.

Pesyaratan lain, tidak pernah dipidana, tidak tercela, bukan anggota atau mantan anggota Polri atau TNI. Nanti, jelas Merta Kariana, ada persyaratan lebih detail dan akan disosialisasikan. Intinya, siapa pun yang berminat kalau punya kemampuan dengan mengikuti seluruh tahapan seleksi dan nilainya sangat memuaskan, bisa lulus. "Sebab, rekrutmen kali ini transparan, lamaran bisa masuk ke Polres, mulai akhir Maret 2023" jelas mantan Kapolsek Sidemen, tersebut.

Lanjut dia, proses rekrutmen anggota Polri kali ini sangat terbuka dan transparan, masyarakat telah membuktikan, dan telah melakukan survei, hasilnya memang murni, peserta bisa lulus karena hasil tes, tidak ada KKN.

Wakasek Humas SMKN 1 Amlapura I Gede Subrata yang mendampingi Kabag SDM Kompol I Nyoman Merta Kariana juga meyakinkan siswanya yang berminat jadi calon anggota Polri. "Kali ini Polri telah melakukan reformasi bidang rekrutmen anggota, semuanya transparan. Jika hasil tes skornya baik, optimis bisa lulus, banyak masyarakat telah membuktikan itu" katanya.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengapresiasi kegiatan Polres Karangasem melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Apalagi rekrutmen calon anggota Polri, kali ini transparan. "Banyak siswa di sini yang berminat jadi anggota Polri, dari 324 siswa kelas XII," jelas Puja Astawa.*k16

Komentar