nusabali

Bunda PAUD Denpasar Minta Guru Sebarkan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

  • www.nusabali.com-bunda-paud-denpasar-minta-guru-sebarkan-pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini

DENPASAR, NusaBali.com – Bunda PAUD Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara meminta Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Denpasar sosialisasikan pentingnya peran PAUD dalam pembentukan karakter anak.

Arahan ini disampaikan Antari saat mengukuhkan Pengurus IGTKI se-Kota Denpasar masa bakti 2021-2026 pada Senin (6/3/2023) pagi di Aula SPNF, Kelurahan Penatih, Denpasar Timur.

Sebanyak 35 pengurus dari tingkat kecamatan hingga kota tersebut dikalungkan medali sebagai tanda peresmian lini penggerak pendidikan anak usia dini di Denpasar.

Antari yang juga Ketua TP PKK Kota Denpasar mengingatkan kepada lini depan pendidikan anak itu untuk menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua siswa.

Sebagai mitra pemerintah, istri Walikota Denpasar IGN Jaya Negara ini meminta para guru TK untuk membantu meningkatkan partisipasi anak untuk mengenyam PAUD.

“Kami tengah berusaha meningkatkan angka partisipasi anak usia dini untuk bersekolah. Di sinilah peran krusial IGTKI Denpasar untuk mewujudkan hal ini,” tutur Antari di sela acara.

Jelas Ketua Dekranasda Kota Denpasar ini, TK sebagai wadah PAUD memiliki peranan vital untuk mempersiapkan anak-anak sebelum memasuki jenjang yang lebih tinggi.

Melalui TK dan bentuk PAUD lainnya, anak-anak menjadi lebih siap menghadapi kompleksitas pendidikan sedikit demi sedikit. Mental dan fisik anak juga akan dilatih untuk dibiasakan menghadapi dinamika pembelajaran.

Bermodalkan jalinan komunikasi yang baik dengan orangtua siswa maupun calon siswa, IGTKI Denpasar diharapkan mampu menyosialisasikan pola pendidikan holistik dan integratif ciri khas PAUD.

“Mari dirangkul para orangtua untuk diberikan pemahaman yang baik soal PAUD sehingga kepercayaan orangtua terbangun dan mau menyerahkan buah hatinya ke lembaga PAUD,” imbuh Antari.

Sementara itu, Made Aryaningsing selaku ketua panitia pengukuhan dan sekaligus Ketua IGTKI Provinsi Bali berharap pengurus baru yang didominasi perempuan ini mampu menjalankan tugasnya.

Sebagai bagian dari PGRI Kota Denpasar, Aryaningsih mendorong para pengurus baru agar mampu merealisasikan program-program kerja yang sudah dirancang.

“Kami berharap semoga program dari kepengurusan yang baru mampu terwujud sehingga berperan aktif dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa,” tandas Aryaningsih dalam kesempatan yang sama. *rat

Komentar