nusabali

Timnas U-20 Pede Hadapi Uzbekistan

Shin Tae-yong Akui Tim Tuan Rumah Lebih Bagus

  • www.nusabali.com-timnas-u-20-pede-hadapi-uzbekistan

TASHKENT, NusaBali
Timnas Indonesia U-20 dalam kepercayaan diri tinggi untuk melawan tuan rumah Uzbekistan dalam laga pamungkas Grup A Piala Asia U-20 2023, di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa (7/3) malam Wita.

Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong menilai tim tuan rumah lebih bagus. Kepercayaan diri Skuad Garuda Muda meningkat setelah mengalahkan Suriah 1-0, pada matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023, di Stadion Lokomotiv Tashkent, Sabtu (4/3) lalu. Tak hanya itu, kondisi tim menjelang kontra Uzbekistan juga sangat baik. Hal itu diungkapkan penyerang Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka.

"Kondisi tim sangat bagus, apalagi kami mendapat kemenangan kemarin (melawan Suriah), makanya kami sedikit percaya diri. Semoga ke depannya bisa (menang juga) melawan Uzbekistan,"  ujar Hokky Caraka.

Oleh karena itu, Timnas U-20 akan berusaha melakukan persiapan yang maksimal untuk melawan Uzbekistan kendati waktu recovery-nya tidak banyak.

"Setelah tiba di sini (Fergana), kami latihan recovery untuk pemulihan otot-otot dan stamina. Kami sedikit mengembalikan stamina untuk menghadapi Uzbekistan," tutur Hokky Caraka.

Sementara jelang laga tersebut, pelatih Timnas U-20 Shin Tae-yong mengakui kalau tim tuan rumah jauh lebih baik daripada Hokky Caraka dkk. Shin sendiri sudah tidak asing dengan gaya bermain para pemain Uzbekistan. Pasalnya, dirinya pernah menyambangi Uzbekistan beberapa kali ketika masih menjabat sebagai juru taktik Timnas Korea Selatan dan Seongnam FC.

“Saya tidak hanya di sini pada tahun 2017 karena saya telah berada di sini tiga kali sebagai pelatih kepala klub, jadi saya memiliki kenangan indah di sini,” kata Shin Tae-yong di laman resmi AFC, Senin (6/3).

Melihat riwayatnya yang pernah beberapa kali menyambangi Uzbekistan, Shin Tae-yong pun mengakui kalau Uzbekistan U-20 jauh lebih baik daripada Timnas U-20. Kendati demikian, dirinya menegaskan kalau Garuda Nusantara akan berusaha semaksimal mungkin demi meraih hasil terbaik.

“Ini bukan Timnas Korea Selatan, ini Timnas Indonesia U-20. Saya harus setuju secara objektif bahwa Uzbekistan U-20 lebih baik dari Timnas Indonesia U-20 dan saya menghargai itu,” kata Shin Tae-yong.

Saat ini, Timnas U-20 di urutan ketiga klasemen sementara Grup A dengan tiga poin hasil satu kemenangan dan satu kekalahan. Pada matchday pertama, Skuad Garuda Muda kalah 0-2 dari Irak. *

Komentar