nusabali

Desa Bebandem Rebut Paralegal Award

  • www.nusabali.com-desa-bebandem-rebut-paralegal-award

AMLAPURA, NusaBali
Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Karangasem bersiap untuk merebut gelar Anugerah Paralegal Justice Award 2023.

Kesiapan yang sama juga untuk penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagadhita 2023. "Sebenarnya ada dua desa yang bersiap merebut dua gelar itu di Karangasem, Desa Bebandem dan Desa Duda Timur," jelas Perbekel Bebandem I Gede Partadana kepada NusaBali di ruang kerjanya, Banjar Pande Sari, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem, Senin (6/3).

Tiga desa lainnya, lanjut Partadana, untuk pembinaan desa sadar hukum, Desa Duda Timur di Kecamatan Selat, Desa Sibetan di Kecamatan Bebandem, dan Desa Pesaban di Kecamatan Rendang. Pembinaan desa sadar hukum sesuai SK Kementerian Hukum dan Hak Aasasai Manusia Kanwil Bali, Nomor W.20.HN.04.04-1806, per 1 Maret 2023, ditandatangani Kakanwil Anggita Napitupulu.

Sedangkan untuk seleksi anugerah Paralegal Justice Award 2023, untuk perbekel dan penghargaan Anubahawa Sasana Desa Jagadhita, untuk pemerintah desa, sesuai SK Kakanwil Kemenhum HAM Bali Nomor W20.HN.04.03-1261 per 13 Febrauri 2023, ditandatangani Kakanwil Anggita Napitupulu.

"Jadi, Desa Bebandem sudah siap dinilai, baik secara administrasi maupun melakukan visitasi di lapangan," jelas Partadana

Desa Bebandem mewilayahi 12 banjar dinas yakni Banjar Desa Tengah, Dukuh, Jungsri, Kastala, Kayu Putih, Liligundi, Pande Sari, Tiyingan Kangin, Tiyingan Kauh, Tiyingan Tengah, Tiing Seka, dan Tohpati.

Selama ini, kata Partadana, telah banyak kasus bernuansa di Desa Bebandem diselesaikan. Di antaranya, kasus perceraian kemudian bisa damai, kasus rebutan warisan mendapatkan solusi, dan kesalahpahaman lainnya.

Sementara, Perbekel Duda Timur, Kecamatan Selat I Gede Pawana juga mengatakan, dari Karangasem hanya dua desa nantinya dapat penilaian untuk memperebutkan, gelar Anugerah Paralegal Justice Award 2023, dan penghargaan, Anubhawa Sasana Desa Jagadhita 2023.

"Bisa saja dua-duanya memenangkan gelar itu. Paling tidak target kami merebut dua gelar tersebut, sebagai representasi di Desa Duda Timur, telah mampu menuntaskan kasus, tidak sampai ke pengadilan," jelas perbekel dari Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur.

Sebab, lanjut Pawana, paralegal itu merupakan komponen penting dan garda terdepan dalam pencapaian akses terhadap keadilan terutama dalam hal pemberian bantuan hukum dan melakukan pemberdayaan hukum bagi masyarakat.*k16

Komentar