nusabali

Disnaker Bali Beri Pelatihan Menjahit Pakaian di Empat Kabupaten

  • www.nusabali.com-disnaker-bali-beri-pelatihan-menjahit-pakaian-di-empat-kabupaten

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disnaker ESDM) Provinsi Bali menggelar pelatihan Mobile Training Unit (MTU) bidang menjahit pakaian dengan mesin di empat kabupaten yakni di Kabupaten Klungkung, Karangasem, Buleleng, dan Jembrana.

Kegiatan ini dibuka secara serentak oleh Kadisnaker ESDM Bali Ida Bagus Setiawan dari Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Klungkung di Desa Kamasan, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Senin (6/3).

Setiawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten serta memiliki bekal untuk memasuki dunia kerja ataupun membuka usaha secara mandiri. Pelatihan MTU kejuruan atau bidang menjahit pakaian dengan mesin akan dilengkapi dengan pemberian toolkit atau alat kerja yang diserahkan kepada peserta pelatihan sebagai modal kerja untuk berwirausaha. Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan bisa langsung membuka usaha.

“Saya harap ibu-ibu bisa mengikuti pelatihan dengan baik sehingga nantinya akan terampil dan bisa mandiri membuka usaha sendiri. Semakin banyak warga kita yang bisa mandiri maka akan bisa mengurangi pengangguran,” ungkap Setiawan. Pelatihan MTU kejuruan menjahit pakaian dengan mesin ini rencananya dilaksanakan selama 33 hari sejak tanggal 6 Maret hingga 17 April 2023. Masing-masing desa di empat kabupaten diwakili oleh 16 orang peserta yang keseluruhannya adalah perempuan.

Peserta pelatihan berasal dari Desa Kamasan, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Desa Kertha Buana, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Desa Kalianget, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, dan Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Acara pembukaan dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung Ketut Citrawati, Kelompok Ahli Pembangunan Bidang Pendidikan, Kesehatan, Jaminan Sosial, dan Tenaga Kerja Tjokorda Bagus Oka, Camat Klungkung I Putu Arnawa, dan para peserta pelatihan. *cr78

Komentar