nusabali

Dua Cabor Baru Diusulkan Jadi Anggota di RA-KLB KOI

  • www.nusabali.com-dua-cabor-baru-diusulkan-jadi-anggota-di-ra-klb-koi

JAKARTA, NusaBali
Dua cabang olahraga baru, yakni obstacle race dan vovinam masuk pembahasan sebagai cabang yang diusulkan menjadi anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa (KLB) pada 6-7 Maret di Senayan, Jakarta.

"Kami akan berikan kesempatan kepada anggota (KOI) untuk memutuskan apakah dua cabang tersebut bisa diterima sebagai bagian dari KOI," ujar Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu (4/3) lalu.

Vovinam adalah olahraga bela diri tradisional asal Vietnam yang berkembang sejak 1938. Olahraga bela diri itu dipertandingkan dalam berbagai pesta olahraga nasional maupun internasional dan kali pertama pada Asian Indoor Games 2009.

Sedangkan obstacle race adalah olahraga lari halang rintang ekstrem yang juga dilombakan untuk kali perrtama pada SEA Games 2019 di Filipina. Namun absen pada SEA Games 2021 di Vietnam. Tahun 2023 ini, obstacle race kembali dilombakan pada SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja.

Lebih jauh, Raja Saptahari mengatakan, dalam RA dan KLB KOI 2023 akan diikuti 64 cabang olahraga anggota. Agenda tahunan ini juga akan memiliki serangkaian agenda lainnya.

Selain laporan dan rencana ke depan, RA dan KLB akan diisi dengan penandatanganan MoU dengan Organisasi Anti-Doping Indonesia (IADO), Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI), Ikatan Psikologi Olahraga (IPO), ASITA, serta Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Selain itu, KOI juga akan memberikan penghargaan kepada atlet, pelatih, wasit, serta olahragawan yang berprestasi dan menginspirasi.

Ya, Raja Sapta Oktohari atau biasa disapa Okto, KLB nanti ada dua agenda. Yakni Rapat Anggota dan kongres itu sendiri. Menurutnya, tahun ini  sangat spesial karena dilakukan off line atau langsung.

Okto mengatakan, KOI akan melaporkan kegiatan yang sudah dilakukan tahun lalu dan agenda kegiatan pada 2023. Sebab, tahun ini ada sejumlah kejuaraan yang akan berlangsung seperti SEA Games, Asian Games, ANOC World Beach Games dan AIMAG (Asian Indoor and Martial Arts Games).

Ketua Penyelenggara KLB, Jadi Rajagukguk menambahkan, dalam KLB nanti juga akan menyempurnakan  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KOI. Berdasarkan rencana, kegiatan akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menko PMK, Menpora, Menpar, Menteri Bappenas, Menkumham, dan mitra kementerian lainnya. *k22

Komentar