nusabali

KMHB PKN STAN Bersih-bersih Pura

  • www.nusabali.com-kmhb-pkn-stan-bersih-bersih-pura

Keluarga Mahasiswa Hindu dan Budha Politeknik Keuangan Negara (KMHB PKN) STAN bergotong royong membersihkan pura di kecamatan Pagelaran Utara, kabupaten Pringsewu, Lampung.

JAKARTA, NusaBali

Selain bersih-bersih pura, kegiatan yang dilakukan untuk Dharma Yatra dari 2-4 Juni kemarin juga memberikan bantuan uang tunai dan buku-buku pengetahuan agama Hindu kepada umat setempat.
 
“Pura pertama yang kami sambangi adalah pura Triyoga, desa Margo Sari. Kami bersama umat disana menghias pura seperti memasang wastra di pelinggih dan bangunan pura lainnya serta bersih-bersih di lingkungan pura,” ujar Ketua Panitia Dharma Yatra Putu Panji Bang Kusuma Jayamahe kepada NusaBali, Senin (5/6).
 
Tak ketinggalan mereka memasang papan nama pura agar masyarakat umum yang melintas disana mengetahui, kalau itu adalah pura.
 
Umat Hindu setempat sangat senang mendapat kunjungan dari KMHB PKN STAN. “Mereka bahagia, karena baru pertama kali ada saudara seumat dan sedarma mengunjungi, sekaligus memberi bantuan,” kata Panji.
 
Umat disana, mengeluhkan minimnya sumber-sumber informasi mengenai agama Hindu semisal buku-buku keagamaan. Oleh karena itu, mereka sangat bersyukur mendapatkan buku-buku keagamaan dari KMHB PKN STAN. Usai menghias dan bersih-bersih pura, rombongan beserta umat disana melakukan sembahyang bersama yang dipimpin oleh oleh Romo Mangku di pura tersebut.
 
“Persembahyangan diiringi dengan kidung yang dibawakan oleh ibu-ibu,” papar Panji. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan dharma wacana oleh dosen agama Hindu PKN STAN yang juga Ketua Badan Penyiaran Hindu Pusat I Nyoman Widia. “Dharma wacana beliau tentang Panca Sradha,” ucap Panji. *K22

Komentar