nusabali

Bali Loloskan 10 Siswa ke OSN Pekanbaru

  • www.nusabali.com-bali-loloskan-10-siswa-ke-osn-pekanbaru

Sebanyak 10 siswa SMP asal Provinsi Bali akan berlaga dalam OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Nasional di Pekanbaru, Riau yang akan digelar pada 2-8 Juli nanti.

Satu Siswa Berasal dari SMPN 1 Manggis, Karangasem


AMLAPURA, NusaBali
Salah satu siswa yang lolos adalah siswi kelas VIII/a SMP Negeri 1 Manggis, Karangasem, Ni Putu Anggi Dina Ayuning. Tiket itu diraihnya setelah masuk passing grade di peringkat kedua mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) saat mengikuti seleksi OSN Tingkat Provinsi Bali, Sabtu (13/5) lalu.

Saat ditemui di SMPN 1 Manggis, Sabtu (3/6), Ayuning berjanji di OSN tingkat nasional nanti akan berusaha memperbaiki prestasinya, walau persaingannya teramat berat menghadapi utusan dari 33 provinsi. Ayuning sendiri berlomba memperebutkan tiket ke OSN tingkat Provinsi Bali berbekal juara I mata pelajaran IPS OSN Kabupaten Karangasem. Di tingkat provinsi, Ayuning bertengger di posisi kedua setelah juara I, Komang Meresta Rustikayanthi dari SMPN 1 Singaraja. Sementara posisi ketiga diraih Theodora Prassa Santika Kinasih dari SMPN 1 Denpasar. Ketiganya kemudian masuk passing grade, sehingga dinyatakan lolos ke OSN tingkat Nasional mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Persiapan menghadapi OSN Nasional, sementara dibina guru di sekolah I Ketut Sarjana. Di samping berupaya mencari materi di internet, terutama soal-soal OSN tahun-tahun sebelumnya sebagai perbandingan. “Maklum untuk mata pelajaran IPS, mesti memiliki wawasan yang luas, terutama menyangkut pengetahuan umum,” ujar alumnus SD Negeri 1 Ulakan, Kecamatan Manggis tahun 2015 ini. "Awalnya saya maunya ke IPA, tapi melihat peluang di IPS lebih terbuka maka saya coba ikut pembinaan kemudian ikut lomba ternyata hasilnya memuaskan," jelas siswi kelahiran 20 Mei 2003 yang bercita-cita jadi dosen ini.

Risikonya, lanjut siswi asal Banjar Tengah, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, menekuni IPS mesti memiliki wawasan luas, menghafal nama-nama negara di Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Barat, dan belahan dunia lainnya. Berikutnya wajib mengetahui potensi yang mendunia dari beberapa negara.

Wakasek Kesiswaan SMPN 1 Manggis, I Wayan Niarta mengatakan pihaknya terus memotivasi Ayuning, agar terus meningkatkan kemampuannya. "Pembinaan di sekolah terus diintensifkan," kata Niarta, Di bagian lain Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Karangasem, I Wayan Sarya mengatakan, pembinaan lebih lanjut dan intensif dilakukan di Provinsi Bali sebelum berangkat ke OSN tingkat nasional di Pekanbaru, Riau. *k16

Komentar