nusabali

Wabup Suiasa Hadiri Pelantikan Pengurus PASK Kecamatan Abiansemal

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-hadiri-pelantikan-pengurus-pask-kecamatan-abiansemal

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa sekaligus Ketua Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kanuruhan Kabupaten Badung menghadiri acara pelantikan Pengurus dan Yowana Pratisentana Sira Arya Kanuruhan (PASK) Kecamatan Abiansemal di Pura Panti Tangkas Kori Agung, Banjar Sibang, Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal, Rabu (1/3).

Wabup Suiasa mengharapkan, pengurus yang sudah dilantik siap diajak ngayah di pesemetonan sebagai bakti kepada Betara Kawitan Sira Arya Kanuruhan.

Hadir mendampingi Wabup Suiasa, antara lain Ketua Umum PASK Pusat I Wayan Geredeg, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa beserta unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Desa Jagapati, serta tokoh masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut, Wabup Suiasa secara pribadi menyerahkan punia untuk piodalan sebesar Rp 2 juta dan untuk mejaya-jaya Rp 2 juta.

Wabup Suiasa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum PASK Pusat I Wayan Geredeg serta seluruh semeton yang sudah bisa hadir berkumpul untuk melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Panti Tangkas Kori Agung. Sekaligus untuk melaksanakan upacara mejaya-jaya serta pelantikan pengurus yang ada di Kecamatan Abiansemal. Acara ini terlaksana sesuai dengan uger-uger di pasemetonan untuk pembentukan kepengurusan di masing-masing kabupaten, kecamatan, desa maupun di kelurahan.

“Dapat saya sampaikan kepada pengurus pusat, kami di Kabupaten Badung untuk kedua kalinya sudah melaksanakan pengukuhan dan pelantikan di kecamatan. Yang pertama di akhir tahun 2022 sudah dilaksanakan di Kecamatan Mengwi dan sekarang di Kecamatan Abiansemal. Di Kecamatan Abiansemal ini sebagai perintis dan sudah mengukuhkan yowana di kecamatan,” ujar Wabup Suiasa.

Wabup Suaisa meminta kepada pesemetonan semua agar ikut bersama-sama pengurus yang sudah dikukuhkan untuk mendukung program-program yang di pasemetonan. “Harapan kami kepada pengurus yang sudah dikukuhkan dan dilantik, untuk siap kami ajak ngayah di pesemetonan sebagai bakti kepada Betara Kawitan Sira Arya Kanuruhan. Serta untuk ikut program pemerintah mengajegkan adat, agama, seni, dan budaya dengan rasa tulus ikhlas,” katanya.

Manggala Karya I Komang Agus Wirawan Wijana, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Ketua PASK Pusat, Ketua PASK Kabupaten Badung yang juga Wakil Bupati Badung serta undangan lainnya. Pasemetonan PASK Kecamatan Abiansemal melaksanakan acara Pengukuhan dan Pelantikan pengurus PASK dan Yowana PASK Kecamatan Abiansemal Periode 2023-2028 pada 1 Maret 2023 bertepatan dengan Piodalan Ida Betara Kawitan Tangkas Kori Agung.

Acara ini, kata dia, terlaksana atas dasar surat edaran dari pengurus PASK Kabupaten Badung agar di setiap kecamatan membuat kepengurusan yang bertujuan pasemetonan agar bersatu, bakti kepada Ida Betara Kawitan serta ikut mendukung pemerintah untuk melestarikan adat, agama, seni, dan budaya. “Dalam acara pengukuhan dan pelantikan ini dapat kami sampaikan, biaya berasal dari kas dan donatur dari manggala-manggala dan semeton Pratisentana Sira Arya Kanuruhan lainnya,” katanya. *ind

Komentar