nusabali

SMK Gelar Ujian Kompetensi Keahlian

  • www.nusabali.com-smk-gelar-ujian-kompetensi-keahlian

AMLAPURA, NusaBali
Sebelum ujian sekolah (US) pada 27 Maret - 5 April 2023, sejumlah SMK di Karangasem mulai menggelar UKK (Ujian Kompetensi Keahlian).

SMKN Manggis menggelar UKK, sejak Rabu (1/3) - Selasa (7/3). "Kami menggelar UKK untuk lima program keahlian," jelas Kasek SMKN Manggis I Nyoman Wage, ditemui di ruang kerjanya, Banjar Tengading, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (2/3).

I Nyoman Wage menyebutkan di tahun ajaran 2022/2023, melibatkan 334 siswa kelas XII, dalam UKK, terbagi lima program keahlian: tata boga 70 siswa, perhotelan 102 siswa, teknik komputer dan jaringan 103 siswa, teknik dan bisnis sepeda motor 33 siswa dan teknik kendaraan ringan otomotif 26 siswa. "Secara teknis tidak ada kendala, karena selama ini siswa telah terbiasa menjalani praktek. Kami juga melibatkan penguji dari tenaga profesional," tambahnya.

Nantinya, papar dia, siswa yang tamat dapat dua sertifikat, ijazah dan sertifikat lulus uji kompetensi sesuai standar industri.

Berbeda dengan di SMK Widya Wisata Graha Amlapura menurut Kasek Ni Nyoman Supadmi, sementara menggelar pra-UKK 1-4 Maret, hanya mengujikan program keahlian perhotelan. Sebab, di sekolah itu pra UKK melibatkan 57 siswa, hanya ada program perhotelan. "Nanti UKK, 10 - 15 April, setelah ujian sekolah berakhir," jelas Ni Nyoman Supadmi.

Supadmi juga mendatangkan tenaga penguji dari kalangan profesional, agar kelulusannya standar industri dan siap kerja. Siswa mendapatkan pra UKK beberapa materi di antaranya kemampuan bidang, front office, kitchen, tata hidangan, house keeping, laundry, food and beverages service, dan lain-lain.

Beberapa tenaga guru profesional yang menguji, di antaranya I Gusti Merta Ardika, I Made Tarsa, I Made Suarka dan lain-lain. Penguji itu sesuai kebutuhan industri, sehingga hasilnya siap kerja. Apalagi sebelumnya telah mengikuti training di sejumlah hotel dan restoran, sehingga ketrampilan siswa sesuai kebutuhan industri.

Sementara itu, Kasek SMKN Kubu I Nyoman Suarsana mengatakan, UKK nantinya dilaksanakan setelah tuntas menggelar ujian sekolah. "Kami belum menentukan jadwal UKK, rencananya UKK April, setelah ujian sekolah," jelas I Nyoman Suarsana. Dia menambahkan, 367 siswa yang masuk daftar nantinya ikut ujian sekolah dan UKK siswa.*k16

Komentar