nusabali

Tiga Festival Ramaikan Tabanan Tahun 2023

  • www.nusabali.com-tiga-festival-ramaikan-tabanan-tahun-2023

TABANAN, NusaBali
Dinas Pariwisata Tabanan tahun 2023 mencatat ada 3 festival yang rencananya bakal digelar. Pelaksanaanya nanti akan dilakukan pada bulan berbeda.

Tiga festival yang bakal dilaksanakan adalah Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot akan menggelar Tanah Lot Art And Food Festival bulan Juni mendatang. Selanjutnya ajang festival yang digelar oleh DTW Jatiluwih, dan terakhir adalah Festival Penebel.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan, Anak Agung Ngurah Agung Satria Tenaya mengatakan rencana festival ini sudah diinformasikan ke Dinas Pariwisata. Pelaksanaannya memang akan dilakukan tahun 2023, untuk kepastian tanggal masih dipersiapkan. "Agar tak berbenturan kami juga masih buatkan kalender festival," ujarnya, Kamis (3/2).

Kata dia, festival Tanah Lot yang bakal digelar ini adalah festival tahunan. Namun karena Covid-19, dua kali festival tak diselenggarakan. "Festival Tanah Lot ini rencana akan dibantu anggaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) . Namun bila tak dapat anggaran tetap akan dilaksanakan," akunya.

Sementara untuk festival DTW Jatiluwih, tegas Ngurah Tenaya, merupakan kelanjutan dari ajang serupa sebelumnya yang sempat vakum akibat pandemi Covid-19. Sedangkan untuk festival Penebel rencana akan diadakan di Puri Penebel dan merupakan kegiatan kali pertama digelar. "Mudah-mudahan dengan diselenggarakan festival ini wisatawan ke Tabanan makin meningkat," jelasnya.

Terpisah Asisten Manajer DTW Tanah Lot, I Putu Toni Wirawan mengungkapkan, kegiatan festival akan digelar pada 23 Juni mendatang dan proposal terkait rencana tersebut sudah masuk dalam 110 event kalender Kemenparekraf. "Festival nanti akan mengangkat tema Mahabarata dilengkapi dengan kegiatan seni dari kearifan lokal dan melibatkan para pelaku UMKM lokal," tegasnya.

Menurut dia dalam festival yang bakal digelar Juni tersebut tak jauh berbeda dengan festival sebelumnya. "Sama tak ada beda, kegiatan akan diselenggarakan selama tiga hari," tandas Toni Wirawan. *des

Komentar