nusabali

Puskesmas IV Densel Jemput Bola Periksa Kesehatan Pasien ODGJ

  • www.nusabali.com-puskesmas-iv-densel-jemput-bola-periksa-kesehatan-pasien-odgj

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kesehatan Kota Denpasar melalui UPTD Puskesmas IV Denpasar Selatan secara intensif memberikan pelayanan kepada 14 pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Pelayanan ini dilakukan secara jemput bola, dengan mengerahkan petugas medis mengunjungi pasien untuk melakukan terapi sekaligus mengecek kesehatan mereka.

Kepala UPTD Puskesmas IV Densel drg Made Saraswati, Rabu (1/3), menjelaskan jenis pelayanan kesehatan yang diberikan bagi para pasien adalah melalui terapi suntikan serta pemberian obat minum. Mereka rutin diperiksa setiap bulan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap ODGJ yang masih dirawat di rumah mereka masing-masing.

“Pemantauan kesehatan ini kami fokuskan pada kesehatan mental dan fisik para pasien. Tindakan kami ini merujuk pada instruksi terapi yang diberikan oleh dokter penanggung jawab kesehatan jiwa,” kata Made Saraswati.

Dia menambahkan, kunjungan yang dilakukan ini juga dibantu oleh para dokter residen jiwa dari RSUP Prof Ngoerah Denpasar. Made Saraswasti menyebut, target dari pemeriksaan rutin ini adalah kondisi pasien akan semakin membaik sehingga dapat beraktivitas secara normal.

“Dengan dibantu teman-teman dokter residen jiwa, tim kami melakukan monitoring pada pasien ODGJ ini rutin setiap bulan. Ini adalah agenda rutin yang kami terus upayakan dapat terlaksana,” ujarnya.

Made Saraswati menyebut, mereka juga terus dipantau gangguan kejiwaannya. Jika dirasa masih mampu dirawat di rumah mereka, ODGJ ini tidak akan dikirim ke rumah sakit jiwa (RSJ). Namun, tetap dalam pengawasan dokter yang menangani mereka. *mis

Komentar