nusabali

Kadisnaker Gianyar Dorong Peningkatan Skill

Tinjau Pelatihan Tenaga Kerja

  • www.nusabali.com-kadisnaker-gianyar-dorong-peningkatan-skill

GIANYAR, NusaBali
Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani meninjau pelatihan tata rias, pembuatan kue dan roti di Kelurahan Bitera, Kecamatan Gianyar.

Dayu Surya juga memantau rekrutmen peserta pelatihan barista di Kantor UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Disnaker Gianyar, Rabu (1/3). Pemerintah Kabupaten Gianyar terus mendorong peningkatan skill bagi tenaga kerja melalui pelatihan. “Kali ini mereka diberikan pelajaran pengenalan kopi dan pembuatan kopi,” ujar Dayu Surya.

Pantauan di lapangan, calon peserta pelatihan tampak ramai mendaftar di Kantor UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Gianyar. Mereka antusias menjadi peserta pelatihan barista. Pada tahap pertama, UPTD BLK hanya membuka kesempatan bagi 16 orang untuk mengikuti pelatihan. “Antusias cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta yang daftar hingga mencapai 30 lebih. Hari ini tes tulis dan tes wawancara,” jelas Dayu Surya.

Banyaknya peserta yang mendaftar karena tingginya minat para pencari kerja, khususnya generasi muda yang ingin menjadi barista. Pelatihan ini dilaksanakan selama 23 hari dan uji kompetensi selama 2 hari. “Kami uji kompetensikan sehingga mereka punya sertifikasi kompetensi di bidang barista. Hard skill maupun soft skill, semua kami berikan pemahaman materi pada pelatihan nantinya,” tegas Dayu Surya.

Pelatihan barista dilaksanakan dalam 3 angkatan. Pada tahun 2023 ini merupakan angkatan pertama. Terkait informasi pelatihan maupun peluang kerja, dapat mengaksesnya melalui media sosial UPTD BLK dan Disnaker Gianyar. “Lihat di akun IG (instagram) BLK maupun Dinas Tenaga Kerja Gianyar. Banyak informasi pelatihan maupun peluang kerja,” jelas Dayu Surya.

Pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Disnaker untuk mengurangi pengangguran dan menciptakan wirausaha muda. Terkait permodalan, Pemkab Gianyar melalui Bank Daerah Gianyar menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR). “Mudah-mudahan dengan pelatihan ini mereka punya usaha baru atau diterima bekerja,” harap Dayu Surya. Selesai pelatihan ini, Disnaker Gianyar mengupayakan mereka diterima magang maupun bekerja di coffee shop. “Nanti ada MoU. Disnaker masih melakukan pendekatan. Mereka sudah masuk ke AK-1 (para pencari kerja),” jelas Dayu Surya. *nvi

Komentar