nusabali

Penerbangan Langsung China-Bali Bertambah

Xiamen Airlines Terbang Setiap Hari Mulai 3 Maret 2023

  • www.nusabali.com-penerbangan-langsung-china-bali-bertambah

Pembukaan rute ini diharapkan dongkrak kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya dari China.

MANGUPURA, NusaBali
Penerbangan langsung dari China ke Bali bakal bertambah pada awal Maret 2023. Rute tersebut akan dilayani oleh Xiamen Airlines dan dijadwalkan terbang setiap hari. Dengan adanya tambahan tersebut, penerbangan langsung dari Negeri Tirai Bambu ke Bali akan dilayani empat maskapai.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan telah menerima informasi dari pihak maskapai terkait rencana penerbangan langsung ke Bali. Penerbangan dari Xiamen itu dilayani oleh maskapai Xiamen Airlines rencana akan mendarat di Bandara Ngurah Rai, pada 3 Maret 2023.

“Xiamen Airlines akan melayani penerbangan setiap hari yaitu pukul 23.15 Wita untuk Xiamen-Bali dan pukul 00.15 Wita untuk Bali-Xiamen,” jelas Handy, Selasa (28/2).

Dikatakan, penerbangan langsung dari China ini menjadi rute ketiga. Sebelumnya rute Taipei-Bali-Taipei dilayani oleh China Airlines dan Eva Air, sedangkan rute Hongkong-Bali-Hongkong dilayani Cathay Pacific. “Selain tambahan dari rute Xiamen-Bali, kami juga belum mendapatkan informasi dari maskapai lainnya. Sementara untuk informasi penumpang yang diangkut maskapai itu belum diketahui secara pasti totalnya,” kata Handy.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjokorda Bagus Pemayun, mengatakan penerbangan rute Xiamen akan menjadi penerbangan yang beroperasi setiap hari. Sebelumnya penerbangan rute China yang datang ke Bali masih berstatus charter. Meski demikian, pihaknya mengaku belum mendapat informasi jumlah penumpang yang akan dibawa pada penerbangan perdananya ke Bali.

Menurutnya, pembukaan jalur penerbangan sangat penting untuk menambah tingkat kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya China yang selama ini sempat menduduki peringat pertama jumlah kunjungan wisatawan internasional ke Bali. Sebab pada dasarnya Bali sudah sangat siap menyambut kedatangan wisatawan internasional, baik dari segi atraksi, amenities services, anseleries, yang memerlukan aksebilitas melalui jalur penerbangan.

Adanya tambahan penerbangan tersebut, Tjok Pemayun optimistis target wisatawan mancanegara pada 2023 dapat terpenuhi. “Saya ditarget oleh Pak Gubernur 4,5 juta wisatawan tahun ini untuk mancanegara, sehingga saya kerja keras dan ada peningkatan wisatawan dari 2022, apalagi sekarang ada penerbangan dari Xiamen, China, tiap hari,” katanya. *dar

Komentar