nusabali

Pasar Anyar Buleleng akan Dipasangi 3 Pintu Parkir Digital

  • www.nusabali.com-pasar-anyar-buleleng-akan-dipasangi-3-pintu-parkir-digital

SINGARAJA, NusaBali
Rencana penerapan parkir digital di Pasar Anyar Buleleng yang saat ini sedang dalam tahap penataan.

Tahapan ini dimatangkan Badan Pengelola Keuangan Pendapatan Daerah (BPKPD) bersama BPD Bali, Selasa (28/2) kemarin. Rencananya, pemerintah akan memasang tiga pintu parkir digital di Pasar Anyar Buleleng, untuk memaksimalkan pendapatan retribusi parkir dan ketertiban area parkir.

Tiga pintu parkir itu akan dipasang di bagian selatan Jalan Dr Sutomo. Pintu kedua di timur pasar Jalan Semangka  dan pintu ketiga di bagian utara Jalan Sawo kawasan Pasar Anyar. Sekretaris BPKPD Susi Adnyani mengatakan, penerapan parkir digital ini merupakan wujud pelayanan yang berkualitas, transparan, akuntabel dan rasa aman dan nyaman pengunjung pasar.

Dalam penyiapan parkir digital ini difasilitasi BPD Bali, salah satu partner pemerintah Kabupaten Buleleng. Sarana dan fasilitas pintu parkir digital akan dipasang di Bulan Maret ini. Targetnya diakhri Maret parkir digital akan diujicobakan bagi pengunjung Pasar Anyar.

“Secara regulasi tidak ada berubah, yang dirubah dari pemerintah hanya mekanisme elektronisasi transaksinya saja,” ujar Susi Adnyani. Untuk parkir sepeda motor tetap dikenakan Rp 1.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 2.000 per kendaraan.

Dia menjelaskan sebelum diuji coba, pemerintah akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Termasuk rencana pembayaran parkir menggunakan sistem non tunai. Dengan menggunakan P-Card dan QRIS BPD Bali. Namun rencana ini akan dibahas kembali dalam waktu dekat ini secara detail. *k23

Komentar