nusabali

Kerja Nyata Gubernur Koster Membangun Bali Diapresiasi

Bupati Bersama Masyarakat Bangli Dukung Koster 2 Periode

  • www.nusabali.com-kerja-nyata-gubernur-koster-membangun-bali-diapresiasi

BANGLI, NusaBali
Kehadiran Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) dalam acara tatap muka bersama masyarakat Kabupaten Bangli mendapatkan sambutan apresiasi yang sangat antusias oleh ribuan masyarakat yang hadir memenuhi Alun-Alun Kota Bangli pada Redite Pon Tambir, Minggu (26/2) malam.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli, DPRD Bali Dapil Bangli, Forkopimda, Kepala OPD Pemkab Bangli, Rektor Perguruan Tinggi, Ketua TP PKK, Ketua WHDI, Ketua Gatriwara, Kepala Unit Kerja dan Camat, Perbekel, Lurah, Ketua BPD, Bendesa Adat, Kelian Adat dan Kelian Subak Se-Kabupaten Bangli, hingga FKUB, PHDI, MDA, Panglingsir Puri, Akademisi, Seniman, Budayawan, Guru, Siswa, serta Yowana se-Kabupaten Bangli yang menyambut langsung kedatangan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Koster-Ace. Penyambutan diiringi oleh gemuruh suara seni gambelan beserta Tari Bebarisan Pamendak Tamu, hingga suara pekikan ‘KBS (Koster Bali Satu) 2 Periode Jaya, Hidup Pakyan Koster’ terdengar di Alun-Alun Kota Bangli.

Dukungan Gubernur Bali Wayan Koster 2 Periode juga disampaikan langsung saat Sri Nugraha membacakan puisi berjudul Koster Dua Periode. Dalam puisinya, Sri Nugraha membacakan dengan nada ‘Lembaran demi lembaran telah dilalui, Guliran demokrasi kian menanti, Ada yang terbesit dalam lubuk hati, Akankah Bali memiliki tuan dingin hati?, Selama orang-orang sakti masih bersemayam di bawah panji-panji koalisi, Teka-teki Bali ini tak akan mampu terbukti, Menyatukan hati menjadi solusi, Ingatlah wahai rakyat Bali, Tatkala Bung Karno berorasi, Koster lah yang melakoni, Singsingkan lengan baju dengan Tri Sakti Merajut dalam benak rakyat Bali mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Majulah Koster Dua Periode’.

Gemuruh tepuk tangan juga bersuara untuk memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang telah mampu bekerja nyata

mengimplementasikan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang dituangkan ke

dalam 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru. Apresiasi pula diberikan, karena kedua pemimpin Bali yang akrab disapa Koster-Ace ini telah berhasil melaksanakan pembangunan infrastruktur monumental dan fundamental di Bali yang sebelumnya tidak pernah tercapai. Namun kini tercapai dengan hasil yang nyata, diantaranya meliputi : 1) Pembangunan Pelindungan Kawasan Suci Besakih di Karangasem; 2) Pembangunan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung; 3) Pembangunan jalan shortcut Singaraja-Mengwi; 4) Pembangunan 3 Pelabuhan sekaligus: Pelabuhan Sanur di Denpasar, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan; 5) Pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali di Buleleng; 6) Pembangunan Bendungan Tamblang di Buleleng; 7) Pembangunan Bendungan Sidan di wilayah Badung-Bangli-Gianyar; dan 8) Pembangunan Tol Jagat Kerthi Bali, sepanjang 96 Km, menghubungkan Gilimanuk-Mengwi.

Mengawali acara tatap muka bersama masyarakat Kabupaten Bangli, Gubernur Koster yang didampingi Wagub Cok Ace menyerahkan sejumlah bantuan, yakni 1) Bantuan Keuangan Khusus senilai Rp 80,71 miliar ke Pemerintah Kabupaten Bangli; 2) Bantuan Aset Tanah sebanyak 10 Bidang Tanah seluas 3,05 Ha dan 2 Unit Bangunan seluas 15,46 Are yang dipergunakan untuk penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Bangli; 3) Bantuan Keuangan Khusus senilai Rp 4,30 miliar kepada Pemerintah Desa se-Kabupaten Bangli untuk tambahan penghasilan Perbekel dan Perangkat Desa; 4) Bantuan Keuangan Khusus senilai Rp 50,4 miliar kepada 168 Desa Adat se-Kabupaten Bangli; dan 5) Bantuan Keuangan Khusus sebanyak Rp 4,87 miliar kepada 487 Subak dan Subak Abian Se-Kabupaten Bangli.

Murdaning Jagat Bali, Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta agar terus menjalankan program pembangunan yang baik untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bangli dengan cara kerja yang cermat dan berhati-hati, karena Bangli dipenuhi dengan warisan adi luhung, seperti ada Gunung Batur, Danau Batur, hingga peninggalan-peninggalan Warisan Budaya Leluhur Bali.

Oleh karena itu, dalam pembangunan Bangli diperlukan konsep yang matang supaya pembangunan di Bangli bisa dilaksanakan secara holistik sesuai dengan karakteristik dan potensi alam Kabupaten Bangli. “Astungkara dalam kepemimpinan saya bersama Tjokorda Artha Ardana Sukawati di periode selanjutnya akan terus mengarahkan pembangunan di Kabupaten Bangli, karena Bangli adalah masa depan Bali,” tegas mantan Anggota DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sedangkan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta yang didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar menyampaikan kehadiran Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati di Kabupaten Bangli merupakan sebuah kehormatan luar biasa. “Untuk itu saya bersama Bapak Wakil Bupati mewakili seluruh masyarakat Bangli mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Wayan Koster atas segala dukungannya di dalam mensukseskan setiap program pembangunan daerah, khususnya di Kabupaten Bangli,” katanya.

Bupati Sedana Arta menyebut bahwa sepanjang sejarah Gubernur di Bali, belum pernah ada keberpihakan pemimpin Bali seperti Gubernur Koster dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bangli. Kerja yang dilakukan Gubernur Koster sangat nyata. Pada tahun 2022 Kabupaten Bangli dibantu Rp 60 miliar lebih yang bersumber dari dana APBD Semesta Provinsi Bali.

Selanjutnya tahun 2023 Kabupaten Bangli dibantu Rp 80 miliar lebih yang bersumber dari dana APBD Provinsi Bali, dan selalu mengawal dan mengkomunikasikan di setiap usulan pembangunan di Kabupaten Bangli ke Pemerintah Pusat, sehingga tahun 2023 ini Bangli mendapat Dana DAK Fisik sebesar Rp 140 miliar lebih dari APBN, dan ini merupakan raihan DAK tertinggi dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Bali. “Kami juga merasa bangga, karena di tahun 2023 ini APBD di Kabupaten Bangli bisa menembus Rp 1,3 triliun yang merupakan capaian APBD terbesar sepanjang sejarah Pemerintahan di Kabupaten Bangli,” ujarnya.

Untuk itu, di hadapan seluruh masyarakat Bangli, disampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semua capaian pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bali dalam kepemimpinan Gubernur Koster dan Wagub Cok Ace dengan merealisasikan 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru.

“Bapak Gubernur Wayan Koster adalah putra terbaik Bali yang sangat visioner, sosok pekerja keras, selalu menggaungkan kerja cerdas, fokus, tulus dan lurus demi kesejahteraan masyarakat Bali. Jadi tidak ada lagi keraguan seluruh masyarakat Bangli untuk mendukung dengan totalitas Gubernur Bali Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati untuk memimpin Pulau Bali selama 2 periode ke depan,” jelasnya yang disambut tepuk tangan. *esa

Komentar